Sabtu, 05 November 2011

Sinopsis : Novel Menuju Titik Nol Karya Agatha Cristie

Sinopsis
MENUJU TITIK NOL
Karya Agatha Cristie

Kisah berawal ketika Nevile Strange memutuskan untuk mengajak istrinya Kay Strange dan mantan istrinya Audrey Strange, untuk bertemu di suatu tempat selama dua minggu dengan maksud mencairkan hubungan ketiganya yang kian memburuk. Mereka bertemu di rumah ibu angkat Nevile, Mrs. Camelia Tressilian.

Awalnya rencana itu tidak disetujui oleh semua orang, selain karena mereka tidak ingin menyakiti Audrey, mereka juga tidak ingin melihat keributan yang bisa saja diakibatkan oleh tabiat Kay Strange yang dikenal amat buruk. Tetapi Neville Strange bersih keras akan mempertemukan kedua wanita itu. Ia berdalih bahwa itu semua demi keutuhan keluarganya.

Akhirnya tibalah saat itu, Audrey dan Kay bertemu, duduk, makan dan tidur dalam satu atap. Seluruh keluarga berkumpul, mereka menyaksikan betapa Kay sangat membenci Audrey, dan betapa tingkah lakunya selama berada di kediaman Mrs. Whithfield sangat berusaha untuk mengintimidasi Audrey. Tetapi Audrey tetap sabar dan tidak berniat untuk membalas tingkah laku Kay.

Suatu malam, Mrs. Camelia Tressilian mengundang teman lamanya untuk makan malam di kediamannya, pria itu bernama Mr. Treves. Dan di malam kunjungannya itulah Mr. Traves menceritakan berbagai hal yang terjadi selama hidupnya. Dan semua orang sangat menyukai cerita Mr. Traves yang patriotis itu, sampai pada sebuah cerita yang entah mengapa membuat suasana ruangan itu agak berbeda. Cerita itu mengenai pembunuha yang dilakukan oleh seorang anak yang masih dibawah umur, anak yang tidak diketahui siapa namanya itu membunuh temannya ketika mereka berdua secara  tidak sengaja melepaskan anak panah dari busur yang sedang mereka mainkan. Hakim memutuskan anak itu tidak bersalah, karena kematian temannya itu murni kecelakaan. Tetapi Mr. Traves meragukan keputusan hakim tersebut, karena faktanya ada saksi yang menyatakan ia melihat anak lelaki itu berlatih menggunakan busur, setiap sore di pekarangan yang jarang di lewati orang.

Di akhir kunjungannya Mr. Traves berkata bahwa ia akan mengenali lelaki yang melakukan pembunuhan yang lolos dari hukuman itu, meskipun waktu nya telah berlalu lebih dari 20 tahun yang lalu. Hal itu dikarenakan bocah kecil itu memiliki ciri tubuh yang akan membuatnya akan langsung dikenali.

Keesokan harinya, mereka yang tinggal di kediaman Mrs. Tressilian dikejutkan dengan kabar kematian Mr. Traves. Polisi menyatakan kejadian itu murni kecelakaan.

Beberapa hari kemudian, Neville Strange mengemukakan niatnya untuk menceraikan Kay Strange dan kembali pada Audrey Strange. Hal ini sangat mengejutkan semua orang, termasuk Mrs. Tressilian yang merupakan orang tua angkat Neville. Audrey menolak niat Neville, dan Kay sangat murka. Suasana di kediaman Mrs. Tressilian malam itu sangat kacau, dan sangat bisa diprediksi. Tetapi mereka tidak habis pikir, setan apa yang membuat Nevile mengambil keputusan bodoh seperti itu. Bukankah dulu ia sendiri yang menyia-nyiakan Audrey untuk menikahi perempuan binal seperti Kay. Lalu mengapa sekarang ia sendiri yang sepertinya menyesali keputusannya sendiri??

Keesokan harinya, suasana yang sudah kacau balau itu semakin bertambah kacau dengan ditemukannya mayat Mrs. Tressilian. Terbaring kaku di atas ranjang dengan luka-luka fatal yang diakibatkan oleh benda tumpul.

Polisi segera datang, mereka segera melakukan penyelidikan. Diketahui bahwa senjata yang digunakan oleh pelaku adalah tongkat golf, diketahui juga bahwa pelaku memukul korban dengan menggunakan tangan kiri, itu berarti pelaku adalah pemilik tangan kidal.

Penyelidikan berlanjut kepada motif, karena ternyata tidak terdapat tanda-tanda pencurian yang dilakukan oleh orang luar, artinya pembunuhan ini dilakukan oleh orang dalam yang sangat jelas dikenal dekat oelh Mrs. Tressilian. Neville Strange, Kay Strange, Audrey Strange, Mary Aldin, Thomas Royde, Ted Latimer dan semua orang yang tinggal dirumah Tressilian diselidiki, termasuk semua pembantu.

Inspektur Battle yang menangani masalah ini memikirkan motif yang menjadi satu-satunya motif yang memungkinkan. Yaitu : UANG. Dan orang-orang yang mendapat keuntungan dari kematian Mrs. Tressilian adalah Neville Strange, Audrey Strange, dan Marry Aldin. Dalam surat wasiat Mrs. Tressilian dikatakan ketiga orang itu akan mendapatkan peninggalan berupa uang dengan ketentuan-ketentuan yang tidak bisa diganggu gugat. Neville dan Audrey akan mendapatkan warisan sama besar, yakni sebanyak 50 % dari seluruh harta yang dimiliki oleh Mrs. Tressilian. Begitupun dengan Mary Aldin, ia merupakan asisten kesayangan Mrs. Tressilian, dan apabila Mrs. Tressilian wafat, Marry Aldin akan mendapatkan beberapa ratus ribu dolar dari uang peninggalan Tressilian.

Fakta mengenai surat wasiat itu membuat polisi lebih mengintenskan penyelidikan kepada ketiga orang tersebut. dan ternyata bukti-bukti menunjukan bahwa Neville Strange-lah yang membunuh Mrs. Tressilian. Tetapi penyelidikan tidak berhenti sampai disitu, polisi juga menyelidiki kemungkinan-kemungkian lain. Dan mereka menemukan kemungkinan-kemungkinan lain tersebut, ternyata semua bukti yang mengacu pada keterlibatan Neville Strange atas pembunuhan Mrs. Tressilian adalah bukti rekaan, yang sengaja disiapkan oleh seseorang untuk memfitnah dan menjebloskan Neville ke dalam penjara. Dan bukti-bukti kedua menyatakan bahwa orang yang memfitnah Neville Starnge adalah Audrey Strange, mantan istri Neville.

Motifnya sudah jelas, sakit hati dan dendam. Audrey dan Neville sudah menikah selama 8 tahun ketika tiba-tiba Neville jatuh hati pada Kay dan memutuskan untuk menceraikan Audrey. Dan Audrey kemungkinan merencanakan semua pembunuhan ini untuk membalaskan sakit hatinya terhadap Neville.

Tetapi Inspektur Battle merasakan ada yang janggal dalam kasus ini, ia terus melakukan penyelidikan. Benarkah Audrey yang melakukan pembunuhan ini?? Suatu malam ia bertemu dengan seorang pria bernama Andrew MacWirther yang ternyata telah mengetahui sesuatu yang selama ini terlupakan oleh Inspektur Battle. Bahwa jika bukti yang pertama merupakan rekaan dari seseorang untuk menjebak Neville Strange, bukan tidak mungkin bukti kedua yang mengacu pada Audrey Strange-pun adalah rekaan untuk menjebak Audrey Strange.

Akhirnya inspektur Battle bekerjasama dengan Andrew MacWhiter untuk menemukan pembunuh yang sebenarnya. Dan ternyata fakta yang berhasil mereka peroleh sangat diluar dugaan. Mereka menemukan identitas pembunuh tersebut tepat sebelum niat pembunuh itu tercapai. Tetapi bukti yang mereka peroleh kurang kuat, sehinngga bukti-bukti itu tidak akan cukup untuk menjerat pembunuh. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat bukti-bukti kondisional yang akan membuat pelaku mengakui semua tindakannya. Penjebakan.

Detail Novel 
Judul Terjemahan : Menuju Titik Nol
Judul Asli           : Toward Zero
Penulis               : Agatha Cristie
Penerbit             : Gramedia Pustaka Utama
Edisi                  :  Soft Cover
ISBN                :  979403391x
ISBN-13          :   9789794033913
Tgl Penerbitan   :   1988-01-00
Halaman            :   320
Ukuran              :   110x180x0 mm

Download Novel Menuju Titik Nol : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar