Senin, 24 September 2012

Cerpen Cinta - Kenanganku Pengalamanku

KENANGANKU PENGALAMANKU
Karya Bintang

Namaku aika.. umurku sekarang udah hampir 22 thun... tapi kenangan itu selalu saja tertanam dibenakku. Bagaimana senang jatuh cinta atau bagaimana rasanya disakiti. Kejadian itu memang sudah terjadi 3 tahun yang lalu, tapi sampai saat ini rasa itu masih terus ada.
Berawal 3 tahun lalu... tahun 2009
Akhir tahun 2009, saat dimana lagi-lagi patah hati... dia memang menyukaiku. Tapi dasar cowok playboy, menyukaiku tapi menyukai cewek lain juga.
Miki : Aq suka sama kamu.. tapi maukah kamu jadi pacar aq yang kedua...
Huh.. dia pikir, dia adalah cowok yg ganteng bgt apa.. jadi ia mengatakan itu padaku.. dalam benak ku berpikir..
Kalau memang seperti itu, ga ah.. baik kita temenan aja.. ucapku
Miki : hmmmm...

Setelah kejadian itu, aq kira kami bakalan benar-benar temenan... tp ternyata dia ga ada kabarnya lagi... Awalnya aq nangis sejadi-jadinya krn ucapannya waktu itu.. rasanya sakit bgt.. ga tau mau apa.. bawaannya pengen sendiri dan ga semangat. Padahal tahun baru merayakan dipantai.. tapi rasanya sama sekali tidak menyenangkan...Tapi walau terluka, aku selalu tersenyum dan kembali ceria dihadapan temen-temen aq... Krn aq hnya ingin berbagi kebahagiaan bukannya kesedihan.
lia : menyenangkan nech.. tahun baru libur kerja, trus ngerayain d’pantai lagi.. hehe
Ya.. jawabku, rasanya indah ka... kan d’pantai gelap ga ada lampunya.. jdi pas ada kembang api.. bagus bgt cahaynya... trus paginya jlnan macet bgt krn org2 pada liburan dipantai juga... kataku sambil tersenyum.
Beberapa bulan kemudian...
Aq menemuji sosok seorang cowok, yang dapat membantuku mengatasi rasa sakit di hatiku krn miki... dia itu lucu.. pendiam.. tapi bukan pendengar yang baek.. alias cuek..
Aq cerita masalah miki padanya, aq bilang bagaimana caranya melupakn yang terbaek... tau dia bilang apa...
Cari aja cowok baru, itu paling jitu... jawabnya ketus
Waduh.. emang cari cowok kaya nyari baju dipasar... bisa semudah itu jawabku...
Emank itu caranya.. katanya lagi sambil meninggalkan aq pergi...
Sebetulnya sich, apa yang dikatakannya benar.. tapi kan susah.. aq msh syg sama miki... untuk buka hati lagi, perlu waktu... tapi dengan seiring waktu berjalan... akhirnya aq dapat melupakan perasaan aq pada miki... krn cowok yang baru aq kenal di tempat kerja.
...................zzzzzzzz.....................

Awalnya memang sebuah hubungan itu berawal dari pertemenan... aku pikir dia itu cowok yg baek.. pendiam, tapi setelah lama mengenalnya ternyata ga sesuai keinginan ya... aku juga ga nyangka bakalan jatuh cinta padanya, dia cowok biasa.. kalo di bandingkan miki, masih cakepan miki.. tapi kelebihan yang ia miliki tak dimiliki miki karena dia itu orangnya humoris...
Semenjak mengenalnya hari-hari ku serasa berbunga-bunga trus dech... ia baek...
Tau ga.. dia cowok pertama yang ku sukai, yang menganterkan aq pulang... rasanya naek motor dengannya waktu itu.. rasa mau copot nech jantung... dan entah udah berapa kali aq di antar pulang kerja... mungkin krn kami satu tempat kerja dan satu jurusan pulang kali ya... Tapi aq nya aja yang k”geeran... hehe
Karena kedekatan kami inilah.. aq makin sayang padanya.. dan aq juga sempat pernah jalan bareng... dia jemput aq di rumah lho... Kencan pertama nech... Duch.. gugup luar biasa, bingung harus pakai baju apa, biar terlihat cantik dan bagus di depannya.. Alhasil jd penampilan yang jadul amat..

Jujur sih, dulu aq orangnya jadul.. plus culun.. ga pernah dandan atau semacamnya lah.. biasanya cewek-cewek buat tampil cantik, pasti merubah penampilan semaksimal mungkin tp berbeda denganku... dan maklum juga, aq belum pernah pacaran, apalagi ngedate.. jd itu pertama kalinya.. Tapi alhasil ngdate pertama aq gatot ( Gagal Total ). Sampai dirumah, setelah di anternya pulang.. malamnya nangis lagi dech gue.. dibilang cengeng.. emank cengeng sich aq dulu.. mungkin krn belum dewasa juga kali ya.. msh 19 thn wkt itu.. hehe
Aku makin jatuh cinta padanya, krn dia makin baek sama aku.. apa yang aq mau dan aq suruh dilakuinnya.
............................. zzzzzzzzzzzzzzzzzzz ..............................

Udah 6 bulan aq mengenalnya.. tp aq baru menyadari bahwa aq menyukainya sekitar 4 bulan terakhir.. tepatnya setelah kejadian yang lalu... rasanya dihatiku ga karuan...

Udah lah.. tembak aja.. nyatain perasaan kamu k’dia... kata mba jane
Ah.. ga ah.. masa aq.. aq kan cewek mba... masa cewek yang nyatain duluan... kataku ngeluh
Zaman sekarang cewek duluan, udah biasa... daripada ditahan-tahan.. apa ga makin sakit tuch hatimu... mba menambahkan lagi
Ia sich, jawabku... atau aq ja yang bilangin, sini pinjam handpone mu... ujar mba jane
Buat apa mba... ucapku, ya buat smz dia lah.. kalau kamu suka dia... ucapnya dgn tersenyum
Waduch mba.. aq ga mw dech lewat smZ.. lbh enk itu, langsung aja... kataku dgn malu
Nach.. it lbh bagus.. jawabnya
Ia bgus.. tapi aq pikir2 lagi ya.. Sambil aq beranjak pergi meninggalkan mba jane...
Mba jane adalah senior aq di tempat kerja.. aq suka sekali curhat sama mba jane, mungkin krn beliau umurnya lebih tua dari aq yang pasti lebih dewasa.. dan memiliki pengalaman yang banyak.
Pada tanggal 14 juni 2010, Senin Pukul 11.30 malam... udah saatnya pulang kerja, entah dapat kekuatan dari mana aku berniat mau keluarin semua perasaan yang sudah makin terasa sesak di hatiku. Aku minta ia nganterin aq pulang, dan disitu lah aq mengeluarkan semuanya.
Duch.. bilang atau ga ya.... ucapku dalam hati... jantung ku kali ini rasa mau copot.. atau bahkan pecah kali ya.... tubuh aq gemetaran semua... Ternyata ini ya rasanya kalau mau menyatakan perasaan sma seseorang.
dit... e..eee...ee..ee.. ucapku terbata-bata
Ya.. ada apa.. ujarnya
Aku.. aku.. suka kamu... ucapku cepat...
Tiba-tiba motor yang dikendarainya berjalan sangat pelan.. dia melepas hadpone yang ada di telinganya dan berkata.. “ Apa.. aku ga dengar aika... soalnya aku pakai hadpone nech...
Apa... dia ga dengar atau pura2 ga dengar sih... masa aku harus mengulang perkataan aku... yang tade aja, perlu kekuatan yang sangat besar.. masa harus di ulang lagi... kata ku dalam hati.. dan terdiam.
Maaf aika.. aku benar ga dengar tade ucapan mu.. ucapnya lagi...
Aduh.. masa harus bilang lagi.. kataku padanya.. Tunggu bentar ya... ucapku lagi
Gimana nech.. tarik napas panjang yang bisa ku lakukan.. kemudian ku ucapkan Aku Suka Kamu.. kata2 itu keluar lagi dari mulut ku...

Kemudian dia hanya tersenyum dan berkata kok bisa kamu suka sama aku aika.... Eh.. Aku juga ga tau, rasa itu tiba-tiba ada aja.. jawabku. Setelah itu kami hanya diam selama perjalanan dan tibalah dirumah ku. Aku turun dari motornya, tertunduk.. malu.. ya itu yang ku rasakan...
Dia menatapku dan berkata “ Mau jawabannya....
Huh... Terserah, jawabku dengan muka entah warna pa nech muka ku yang pasti rasanya panas bgt dan jantung yang masih berdetak dengan cepatnya.
Dia mengelus kepala aq, dan berkata “ Ntar ya... aq jawabnya.... Aku pulang dulu.. Kemudian ia pamit pulang dan tersenyum padaku sambil berlalu meninggalkan ku yang masih terdiam terpaku seperti patung.
Aku masuk kedalam rumah.. tau bagaimana rasanya hatiku sekarang. Bermacam-macam dech, ada rasa senang, lega, rasa melayang ini tubuh... seakan-akan beban berat yang aku tanggung selama ini keluar dari tubuh ku..
Ngapain kamu, senyum2 sendiri kaya orang gila.. ucap kakaku
Eh.. aq tersadar dari lamunanku.. Ga apa2 kok ka... ucapku dan berlalu meninggalkannya. Kemudian membaringkan tubuhku keranjang. Ku berpikir alakah hebatnya aku, berani menyatakan perasaan ku padanya.. gimana neh.. apa jawabannya tapi apa aku memang menharapkan jawaban darinya..
Duch.. bakalan susah tidur aku malam ini.. ucapku pada diri sendiri
................... zzzzzzzzzzzzzzzzz .....................

Beberapa hari kemudian
Gimana aika.. dia udah bilang jawabannya belum.. kata mba jane
Ga ad... jawabku
3 hari sudah berlalu.. selama itu juga aku belum bertemu dengannya ditempat kerja... Aku juga cerita dengan temenku. Dia kaget, aq bisa mengungkapkan perasaan aku.. dia salut sama aku karena keberanianku ini. Udah.. kamu smz dia aja, daripada digantungin sama jawabanya.. berpikir ga karuan.. baek tanya biar tambah lega.. ucapnya
Tapi ka.. harus ya di smz... timpalku lagi
Ya.. harus.. kudu.. dari kamu bengong kaga jelas kaya gini, jelas ka lia
Ia dech.. ntar besok ya...jawabku
Keesokan harinya aku berani kan utk smz dia... ketik kata-kata di handpone aku.
“ Dit.. gimna..?? “ duch.. knp perasaanku knp ga enk ya, ga bgtu menyenangkan batinku bergumam. Lumayan cukup lama ku tunggu blsan darinya. Akhirnya handponeku berbunyi, apa itu smz darinya.. aku ga berani buka.. buka.. or ga.. buka ga ya.. tapi takut ‘ ucapku pada diri sendiri. Ku tekatkan hati utk membuka isi smznya, dan gleeegggarrr... seperti rasanya tertusuk oleh pisau.. trus seperti terjun ke jurang yang sangat dalam.. dan tak terasa butiran air d’mataku mulai membasahi pipiku.
“ Maaf aika.. utk sekarang aku belum ingin pacaran, aku hanya ingin fokus pada kerjaan dan kuliah ku.. semoga kamu bisa dapat yang lebih baek dari aku.. Kita berteman aja ya seperti biasanya” Inilah SMZ blsan darinya
Seharian.. aku terus menangis.. ga tau harus ngapain... kenapa semua ini harus terjadi padaku lagi. Entah ini udah kesekian kalinya aku harus patah hati lagi, tanpa harus memiliki. Aku terus menangis, bingung.. malu.. bagaimana aku ketemu dia sore ini di tempat kerja, bisa kah aku bersikap seperti biasa, sambil memikirkannya akhirnya aku pun terlelap tidur mungkin karena kecapean nangis juga.
Tapi inilah ajaibnya aku.. aku bisa kembali beraktifitas seperti aku yang biasanya... Kembali ceria dan seperti ga pernah terjadi hal yang menyedihkan dihidup ku... walaupun kalau aku sendirian.. mungkin saja aku akan nangis lagi. Saat bertemu dia pun, aku bersikap biasa tapi lain halnya dengan dia. Dia seperti menjauh dariku, mulai menghindariku.. Aku bingung kenapa, bukan kah dia sendiri yang bilang kalau kita akan berteman seperti biasa.

Alakah terkejutnya aku.. setelah beberapa hari semenjak kejadian malam itu... Semua orang di tempat kerja aku tau.. Kalau aku menyatakan perasaanku padanya. Ya ampun.. kamu tau bagaimana rasanya muka ini, malu luar biasa. Bingung knp semua bisa tau, sampai Bos pun tau.. kan aku ga cerita pada siapapun kcuali mba jane dan ka lia.. Mereka ga mungkin nyebarinnya, karena mereka tau berapa sakitnya hatiku. Jadi siapa, tanyaku dalam hati.
Setelah kejadian itu, aku anggap semuanya seperti tak pernah terjadi. Walau hampir setiap malam aku menangis, berpikir patut kah aku menyesal mengatakan perasaanku padanya. Aku jalani hari-hari ku seperti aku yang biasa, aika yang selalu ceria di hadapan semua, cerewet.. dan kata orang aku juga polos ( hehehe ).
................ zzzzzzzzzzzzzzz ...............

2 Tahun berlalu... Tahun 2012
Biasanya kalau aku sakit hati.. paling lama dalam jangka waktu 1 tahun, aku bisa melupakannya dan menghiasi hatiku dengan cinta yang baru. Tapi ini ga seperti dugaan ku, ini udah 2 tahun tapi dia masih begitu berarti dihatiku, bahkan saat aq udah nga kerja disana lagi. Aq juga berharap dengan cara ini aku bisa melupakannya dan jatuh cinta lagi. Tapi rasanya susah utk membuka hati lagi, entahlah kenapa.. apa mungkin aku trauma ya..
Sahabat-sahabatku kesal dan marah atas sikapku yang terlalu berlebihan. Apa sih hebatnya dia, sehingga aku terus-terus mengingatnya. Kalau boleh jujur, aku pun ingin banget melupakannya.. aku juga sangat tersiksa dengan perasaan ini. Setiap kali dekat dengan seseorang, ga lama berkenalan pasti bakalan selesai.. aku ga bisa menghilangkan rasa takutku. Aq masih membandingkan dia dengan cowok-cowok yang mendekati aq. Makanya setiap kali dekat ma cwo lain, pasti ujung-ujungnya Gatot alias gagal total.

Ditanya.. apa sih kelebihannya sehingga aku bisa seperti ini.. Jawabku ga ada... aku terlanjur sayang sama seseorang begitu dalam mungkin itulah jawaban yang bisa ku berikan. Ditanya lagi apakah aku ga ada niat sama sekali utk nyingkirin dia dari hatiku, jawabanya Tidak, niatku sangat besar buat ngelupain dia dari hatiku.. udah berbagai cara ku lakukan.. sampai-sampai rela pindah kerja, mencoba suasana baru.. Berharap mendapatkan yg lebih baik. Tapi kata pepatah, semakin mencoba melupakan maka akan semakin tertanam di hati.. walaupun kesal tapi harus aku akui semua itu benar adanya.
Aku jalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, ku sibukan diriku dengan terus bekerja dan bekerja.. kuliah dan berkumpul bersama sahabat-sahabat yang dengan setia menemani. Sampai akhirnya aku benar-benar sudah ikhlas dengan yg terjadi, membiarkan waktu yang menghapus luka di hatiku. Hidup ku sekarang sangat jauh lebih baik, membuktikan bahwa aku akan selalu baik-baik saja tanpanya.

Sekarang aku sudah mulai belajar untuk membuka hati buat orang lain masuk di kehidupanku, bersosialisasi dengan banyak orang bahkan penampilan ku pun nga sejadul dulu... sedikit demi sedikit berubah, sampai pada akhirnya aku mulai jatuh cinta lagi sama seseorang. Tapi aku nga akan seceroboh dulu lagi, berpikir sebelum bertindak dan belajar dari pengalaman terdahulu. Aku berharap kali ini, semua akan lebih baik lagi dari sebelumnya. Semangat
TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar