Jumat, 14 September 2012

Cerpen Lucu - Mau Mengeringkan Laut

Abi Galah
MAU MENGERINGKAN LAUT
Karya Syibran Malasyi

DI sebuah desa tinggallah seorang pemuda bernama abi galah.dia tinggal bersama ibunya di gubuk tua dan reot.desa itu dipimpin oleh seorang raja yang sasngat bijak dan adil bernama raja fatur dan permaisurinya yang bernama ratu sekar sari dan seorang putrinya yang bernama putri ayu delima.raja fatur sebuah kerajaan yang sangat megah yang namanya kerajaan kembang wangi.

Suatu hari ketika abi galah sedang bersantai dg temannya yaitu unang dan ujang mereka terlibat adu mulut. si ujang berkata hei kawanku hal luar biasa apa yang pernah kalian lakukan sahut si unang kemarin aku menghajar 5 orang dengan tangan kosong jawab si ujang o itu tidak seberapa kemarin aku menghajar 7 orang dengan balok kemudian si unang bertanya pada abi galah hei bi hal apa yang pernah kau lakukan abi galah pun menjawab tidak ada .


Karena abi galah menjawab begitu ujang dan unang meledeknya karena tidak tahan dengan ledekannya abi galah pun berkata cukup kalian meledekku akan ku tunjukkan pada kalian bahwa aku juga mampu sahut siunang memangnya apa yang mau kau lakukan kalian lihat laut itu minggu depan aku mau mengeringkannya.

Berita itu pun sangat Cepat menyebar sehingga seluruh penduduk kampung tau, ada yang menganggap bahwa abi galah sudah gila.hari yang di tunggu pun tiba para penduduk kampung berbondong-bondong kesana raja fatur juga ikut mau menyaksikan,sebelum abi galah beraksi raja fatur berkata wahai abi galah jika engkau gagal kau akan dipancung.

Kemudian abi galah memulainya dia mengambil ember kemudian mengambil air laut dengan ember tersebut .karena sudah lelah abi galah pun istirahat.karena abi galah sudah kelelahan sebagian orang berpikir bahwa abi galah pasti akan dipancung.kemudian raja berkata wahai abi galah engkau sudah gagal maka bersiaplah untuk dipancung.

Kemudian abi galah berkata kok yang mulia bilang bahwa saya gagal padahalkan saya sudah berhasil.raja lalu berkata berhasil apanya lihat air laut belum kering padahal kamu bilang mau mengeringkannya.abi galah pun berkata saya bilang kan mau mengeringkan bukan bisa mengeringkan ya terserah mau lautnya kering atau tidak.

Setelah abi galah berkata begitu raja dan seluruh penduduk kampung tercengang tak bisa berkata apa-apa lagi.tetapi setelah itu penduduk kampung memberikan tepuk tangan yang sangat meriah karena abi galah telah berhasil menyelesaikan misinya.raja faturpun meminta maaf kepada abi galah sebagai permintaan maafnya raja fatur memberikan 50 keping emas kepada abi galah.sejak saat itu kehidupan abi galah sudah makmur dan membuat rumah yang layak untuk ditempati dari hasil penjualan emas dari raja.

Nantikan serial abi galah lainnya.

Baca juga Cerpen Lucu yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar