Sabtu, 28 Mei 2011

Naskah Drama Oedipus dan Jocasta Karya Sophokles

Cuplikan Dialog Naskah Drama Oedipus dan Jocasta Karya Sophokles. Diadaptasi dari Cerita Raja Oedipus, Terjemahan menelaos dan yannis stephanides dan Adaptasi cerita oleh silvia a purba
CREON                        
Oedipus, kau menuduhku berkhianat dan bersekongkol dengan Theresias untuk memberikan ramalan palsu. Dan kau menuduhku tanpa membiarkan aku berbicara.

OEDIPUS                     
Apa? Mendengarkan bahwa kau bukan penjahat?

CREON                        
Aku memang bukan penjahat.

OEDIPUS                     
Aku punya bukti-buktinya.

CREON                       
 Jelaskan kepadaku.

OEDIPUS                     
Kau yang mendesakku untuk memanggil peramal itu. Saat dia di sini dia menuduhku membunuh Laius, tuduhan yang telah kalian sepakati bersama.

CREON                        
Kalau itu yang dia katakana, aku hanya mendengar darimu. Lagipula untuk apa aku berbuat demikian. Itu tidak benar, dan gila bila aku tidak setia. Pikirkanlah. Mana yang harus dipilih memerintah dalam ketakutan ataukah menikmati tidur nyenyak sambil tetap memiliki kekuasaan dan hak-hak istimewa seorang penguasa? Aku akan selalu memilih yang kedua. Mengapa harus aku sia-siakan hidup semacam itu demi sesuatu yang lebih tinggi namun menjadi jahat dalam meraihnya? Kalau tidak percaya tanyalah pada Orakel. Kalau kau mendengar aku berkomplot melawanmu, bunuhlah aku. Tidak adil kau menuduh tanpa bukti yang teruji. Kesedihan akan menimpa orang yang mendorong ke samping sahabat-sahabatnya yang setia.

File Naskah Drama Oedipus dan Jocasta :
 - File Tipe : Ms. Word

Semoga Naskah Drama Oedipus dan Jocasta Karya Sophokles ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas atau garapan dan kami ucapkan selamat berproses semoga dalam Proses kretif tidak ada kendala apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar