Rabu, 29 Juni 2011

Naskah Drama Lakbok Karya Aoh K. Hadimaja

Dramatic Persoanae Naskah Drama Lakbok
Koswara
Arsitek Pengairan
Rini
Istri Koswara
Siti Zahra
Inspektur Sosial, mantan kekasih Koswara
Karnadi
Petugas Pengairan, Mantan Kekasih Karnadi
Sulaiman Rasid
Mantri Kepala Pengairan (Koruptor)
Wiranta
Ketua Golongan Kedaulatan Islam, umur 28 tahun

Cuplikan Dialog Naskah Drama Lakbok
RINI
Karena sikapku tak berubah padamu, maka kuharap istrimu menjadi temanku pula. Di sini kami orang baru, tak seorang pun yang bisa menjadi tempat curahan beban penghidupan.

KARNADI (mengejek)
Hanya karena kesulitan-kesulitanmu, bukan karena ia istriku, maka engkau ingin berkenalan. Bukan berolok-olok Rini, kalau aku yang mengucapkan demikian, mudah orang mengerti. Tetapi engkau! Bukankah engkau berbahagia dengan suamimu!?

RINI
Berbahagia? Entahlah. Penghidupan rumah tangga jauh dari yang kukira, mungkin kalau ada yang bisa kuajak berbicara, agaknya tak sesulit ini. Aku khawatir suamiku menjadi lemah. Kalau dia setiap hari diganggu oleh kekurangan-kekurangan dalam rumah tangga.

KARNADI
Demikian besar kesanggupanmu, berani memecahkan kesulitan-kesulitan itu sendiri.

RINI
Banyak yang jatuh menjadi korban korupsi, karena tanggungannya amat menekan.

KARNADI

Kalau engkau rela, pikulan itu mungkin menjadi ringan pula.

RINI (menarik napas)
Bertambah kubiarkan suamiku dalam pekerjaannya, bertambah jauh ia dariku rasanya. Tak ada yang penting baginya lagi, hanya rawa. Rawa ini, rawa itu, rawa yang hendak dikeringkannya. Ia ditelan mentah-mentah oleh rawa itu. di Jakarta aku banyak teman, banyak hiburan. Kalau dia pergi beberapa hari sekalipun, tidak amat terasa, tetapi di Banjar ini! Apakah bagimu begitu juga, karnadi, hiudp hanya untuk bekerja belaka?

KARNADI
Aku tak ada kepuasan dalam rumah tangga

RINI
Maksudmu suamiku demikian juga?

KARNADI
Kuharap tidak. Bukankah engaku didapatkannya karena dorongan cita-cita? Rumah tangga bagiku sebuah neraka. Bagaikan emnyongsong hari, kulangkahkan kakiku ke kantor. Sebaliknya serasa dunia menjadi sempit, bila tiba saatnya kantor ditutup.

RINI
Sekelam itukah penghidupanmu Karnadi?

KARNADI
Lebih dari apa yang dapat kugambarkan. Karena itu tak ada pekerjaan yang terlampau sulit bagiku. Pun suamimu seorang yang memberikan semarak kepada pekerjaan. Jawatan pengairan kita ditinggalkan melempem oleh tuan Suwarna, pemimpin kita dulu. Suamimu adalah penjelmaan almarhum Wiratanuningrat yang membuka Lakbok pertama kali. Kalau almarhum berhantam dengan demit dan hantu yang menguasai rawa itu, maka suamimu adalah hantu bagi orang-orang yang merugikan Lakbok dengan bertopeng pemimpin rakyat dan buruh.

File Naskah Drama Lakbok :
 - File Tipe : Ms. Word

Semoga Naskah Drama Lakbok Karya Aoh K. Hadimaja ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas atau garapan dan kami ucapkan selamat berproses semoga dalam Proses kretif tidak ada kendala apapun dan jangan lupa Baca juga Naskah Drama yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar