Minggu, 20 Mei 2012

Cerpen Remaja - Senyuman Palsu

SENYUMAN PALSU
Oleh Muach_Tak_Ingin_Sendiri

Aku pusing mendengar kedua orang tuaku bertengkar,tak pernah akur hanya gara-gara aku, dan sekarang aku memilih pergi dari kehidupan mereka. Dengan kepergian ku semoga mereka dapat merubah sikap.

Sekarang aku hidup bersama nenek dan kakek ku di kampung, nenek tak pernah tau tenteng kedua orang tuaku yang selalu membicarakan masalah perceraian, aku tak ingin mempunyai keluarga yang berantakan, aku masih butuh papa juga mama. Andaikan ada jalan agar mereka dapat bersatu, akan ku lakukan itu,, apapun,,,

Tanpa izin kedua orang tua ku, aku diam-diam ke kakek dan nenek, disini aku bias tenang, meskipun ada sedikit keraguan tapi kujalani dengan senyuman, bias di sebut senyuman palsu…

Disini berbeda dengan kota tempat tinggal ku yang hanya di penuhi dengan gedung-gedung bertingakat dah rumah-rumah mewah ditambah polusi udara, di sini semua serba sederhana, baik orang-orangnya juga tenpat-tempatnya.


Rumah nenek dan kakek berdekatan dengan rumah Riyan yang setiap saat berada di sampingku, dia begitu baik terhadap ku.
“ Din,,!!! Aku ngomong dari tadi gak didengerin…” Ucap Riyan terhadap ku.
“ Sorry Yan,,.. barusan loe ngomong apa???”
“ gini Din.. aque punya cewek.. dia cantik, baik sopan, tapi di setiap aku ngajak ke ruma,,, pasti dianya nolak alias gak mau.”

Yah,, Yan.. gue kira loe jomblo ternyata udah punya gebeta,, gue penasaran, cewek kayak apa sih yang udah buat loe kayak ginie,,???
“ mungkin dia belum siap kalik Yan,,,!!!”
“ belum siap apanya..???”
“ ea.. dia belom siap aja ketemu bokap nyokap loe,,.”
” ouw,, gitu ya,, kamu udah makan apa belom???”

Yan.. pertama gue liat loe.. hati gue terasa penuh dengan bayangan loe, tapi.. sekarang loe udah punya gebetan, mau gimana lagi…!!! Gue kira loe sukanya sama gue,, ternyata gue salah, loe tulus dari hati temenan sama gue,, ma’afin gue ya Yan,, gue udah diem-diem suka sam loe,, gue jaji,, mulae sekarang gue gak bakalan suka ama loe..!!!
“ DINDAAAA…!!!! KAMUU UDAH MAKANN APAA BELOOMMM….????” Teriak Riyan.
“ ihhh.. gak usah triak-triak gitu kenapa sihhh???”
“ abisnya kamu bengong mulu..”
“ ohh ea,, Loe tanyak apa barusan..???”
“ kamu udah makan apa belum…???”
“ blom,, mang gue mau ditraktir..???”
“ya udah,,, tunggu apa lagi,,????”
“ baik dehhh,,,”

Lagi-lagi jalan bareng Riyan,,, rasanya pengen selalu bersamanya,,, ya tuhann,, perasaan apakah yang aku rasakan terhadapnya,,????
“ hey,, ngelamun lagi,, makan tuh nasinya,, kok cuman di aduk-aduk..”
“he….” Aku hanya tersenyum padanya.
Yan, gue besok loe sekolah,, pasti seru Yan, kalok di samping gue ada ello,,
(keesokan harinya)
Gue udah bisa sekolah bareng Riyan.. seneng banget,, tapi Riyan dimana???

Kenapa murid-murid di sini pada ngeliatin gue????.. apa ada yang aneh???.. atau ada yang salah sama gue??.. duh, gue jadi gak PD banget,,, please jangan liatin gue kayak gitu donk,,,!!! Ihhh,, pada lebay…
“ehh,,, Dinda,, kok gak cerita sih, kalok mau masuk disini,,” suara Riyan dari belakang.
“ kan kejutan buat loe,,,!!!!”
“ kelas loe dimana???”
“ kata pakguru yang pakek kacamata besar ntue, kelas gue di 9A, emang dimna tempatnya,,???”
“sini aku anterin..!!!!”

Ternyata murid di sini lumayan banyak, gue kira cumin 10 atao 20 orang saja,, dugaan gue salah..
“ nah,, disini kelas kamu,,, “
“makasih ya Yan,,!!”
“ iya,, emz ma’af ya,, aku gak bisa lama-lama,, soalnya masih ada rapat osis,, ok??”
“ ok deh,,,”
Padahal gue masih pengen lama-lama ngobrol ama loe Yan,,…!!!

Murid sini pada kenapa sih,, mulae tadi gue jadi pusat perhatian mereka,,,
“ hay,,, kenalin aku Tania,,..”
“ hay juga,, !!!”
“ e.. ee..e..emmm.. anu,, seneng bi..bi..sa kenal sama kamu,,”

Duhhh,,, gue kan terbiasa punya kenalan, bahkan temen petama gue itu adalah Riyan,,, gue gak bisa bergaul,, nie gue harus gimaa lagi…
“TEEEEETTTT…TETTTTTT….!!!!”
Udah bel masuk,,,

Waduuuhhhh,,, kenapa harus plajaran matematika,,???? Nie plajaran yang gak pernah aku suka mulai dulu,, nie jugak,, temen sekelas ku udah pada ERRRooRRR.. gak ada yang serius belajarnya,,
“ pakkkk….!!!! Permisi,, mau ke toilet..” ucapa gadis yang dudu di belakang ku,,
“ ya,,,” jawabnya dengan sabar.

Emang udah pada error.. gak gurunya, muridnya jugak,,, ya tuhaaannn,,, ini sekolah apa tempat santaiii???.. kenapa mereka gak di tegur sihhh?????
“ ehh,, kenalin,, gue Dinda..!!!” sambil menyodorkan tangannya kepada murid yang duduk di sampingnya.
“ aku Aura, senang bisa kenal sama kamu!!!!,,, oh iya,, kamu pindahan dari sekolah mana,,???!! Umur kamu berapa..?? emmm,,, kamu udah punya pacar apa belum,,??? Nama panjang kamu siapa?? Trus trus,, kamu suka warna apa?? Kenapa kamu bisa pintah ke sini,,???”
“hah,,,??? Gue harus jawab dari mna dulu????” banyak benr partanyaan yg harus gue jawab. Aneh..
“ hwaaa,,,, Dinda,,, boleh minta fotonya enggak???”

Emangnya gue artis apa, pkek di foto segalak,,huft,, lama-lama gue stress di sini,, semuanya serba aneh,,. Apa lagi cowok yang mulai tadi diemm mulu di ojoan sana,,,
“ Din,, dari pada disini mending ke kantin,,” ajak Aura.
“ emm,, ta, ta,, tap..” yahh gue blom slsai ngomong udah di tarik,,, tapi gue seneng kok,, gue gak pernah punya temen sebanyak ini,,, semuanya terasa menyenangkan,,,
“ nah mau pesan apa????” tanya cewek si fotografer itu pada ku.
“ aku pesan bakso, mie ayam, terus mie goring, mie rebus, nasi goreng, jus alpukat, udah itu aja,” jawab anak yang suka ke toilet pada waktu jam pelajaran.
“ banyak benget kamu pesan An????, emnag di habisin ya,, truss,, kalok kamu makan sebanyak itu kenapa gak gemuk??. Jugaa,,,” Aura belum selesai bicara.
“ STOOOOPPP…!!! Cerewet kamuu.” Jawabnya dg mulut penuh.

Oya,, gue cumin penasaran sama cowok yang ada di dalam kelas tadi,, kenapa semuanya menghindar darinya,, bahkan temen-temen sekelas seperti takut padanya,, padahan dia diam saja,,,
“ emmmm,, oya,, kalian tau gak,, ama anag cowok yang duduknya di pojok kanan belakang????” Tanya ku.

Kenapa semuanya jadi diamm???.. apa salah aku bertanya tentang dia,,,????
“ sebaiknya kamu gak usah Tanya tentang dia,,!!!” jawab Aura dengan tampang gelisah.

Ya sudahlah,,, mungkin kapan-kapan aku bisa mencari tahu sendiri…
“ gue ke kelas dulu ya,,…”
Hemzz,, hari yang takkan pernah terlupakan,,,

Hahhhh..!!! apa-apaan ini???? Siapa yang naruk semuanya.. ihhh,, apa sih???
“ wah.. wahhh..!!! bar masuk sekolah udah jadi idola niihhh…!!!!”

Kenapa Riyan ada di sini???
“ maksud loe apa Yan,,????”
“ tuchhh apa???..’
“ gak tau gue.., ada dengan sendirinya,,!!!”
“pengen tau siapa pengirimnya..????”
“ ya,,, siapa???”
“ Andi, Dona, Firman, Jaka, Reza, Abdi, Ana, Ani, Hendra, Indra, Veny…”
“ udah- udah,,!!!! Nie maksudnya apa?????”
“ tuh dari Fans-fans kamu,,,”
“ oooo… nantik kamu pulang jam berapa Yan???”
“ apa??? K-A-M-U?????, bukan loe gue lagi nih???”
“ihh,, apaan sih..”
“ ya ya ya,,, nantik aku pulang jam 1..”
“ emm.. emm.. anu,,”
“ anu kenpa???”
“ ma..ma.. ma..”duhh krnapa aku jadi gagap begini???
“ kamu mau pulang bareng aku????” ucap Riyan dengan senyuman manisnya.
“ iya…!!!”
“ ya udah nanti,, aku tunggu kamu di gerbang,,,”
“ok dehh”
Yahhh pergi lagi.. kenapa sih Yannn.. kamu gak ada waktu buat lama-lama sama aku??? Apa aku membosankan buat kamu???seandainya kamu tau Yan,, aku itu sngat mengagumi mue,,, hanya karna tawa dan senyuman mu,, aku tak bisa membedakan di kala kamu seneng, ataopun sedih,,, itulah kelebihan yang kamu miliki,,
Ya ampunn,,, gimana sama ini??? Mending aku masukin dalam tas aja,, yahh,, gak muat,, padahal tasku udah gede,..
(sepulang sekolah)
Pantes aja Riyan punya pacar,, cewek-cewek di sini gak buta kan,,??? Mana mungkin gak ngejar-ngejar Riyan,, dia kan baik, perhatian, murah senyum,, mudah bergaul ama siapa aja tanpa pandang tinggi rendah derajatnya,,, juga dia tampan,,,

Cwok putih, tinggi, Kurus, beralis tebal, bijaksana, dan dapat bertanggung jawab itu adalah cowok idamannku mulai aku berumur 7 tahun,,, dan sekrang dia berada di hadapan ku,,Riyan,,,
“ udah lama nunggu aku Yan,,,??”

Kenapa Riyan bawak boneka segede itu,,???? Mungkin buat pacarnya,,,
“ baru aja kok…,, nih buat kamu…”
“ gak salah denger aku Yan,,???? Tumben beliin boneka buat aku,,,” ternyata Riyan romantis juga.
“ bukan dari aku,,, tapi dari fans berat kamu,,,”

What,,,????? Bukan dari Riyan???? Huft,,, jadi malu,,
“ sini bonekanya,, biar aku buang,,!!!”
“ eh eh eh,, aku beli jauh-jauh lho,, kenapa mau di buang???”tegur Riyan.
“hah??? Ini kamu yang beli Yan???” aku terkejut.
“ ehhh,, maksud aku… fans mue,,,”
“ ha ha ha ha,,, ini pasti boneka dari kamu,,, udah ngaku aja,,,”
“ GR kamu,,”
“ tau enggak,, lok berbohong itu DO-SA..”
“ iya, iya,, itu dari aku,,”
“ kenapa muka kamu pucat Yan???ka mu sakit????”
“iihhh lebay dechh,, oya,, kita maen-maen ke puncak yuk,,,”
“emang deket dari sini???”
“ deket banget,,,”
“ nahh,, nie udah nyampek..”
“ wah,, kapan-kapan, bisa maen ke sini lagi kan,,??”
“ bisa,,,”
(keesokan harinya)
Riyan mana,, kan kemaren dia udah janji mau berangkat bareng,,, nah nie dia sms,,ooo,, aku berangkat dulu deh,,
*******

Riyan kemana??, udah 3 hari aku gak kelihatan dia,, Yan,, jangan buat aku panik donk,,, kamu kemana yan??? Febri.. ya,, aku harus nayak sama dia,, dia kan temen akrab Riyan.
“ Feb,,,!!!!!”
“ ehh,, Dinda..”
“ aku mau Tanya soal Riyan…”
Febri menceritakan semua pada ku,,, ternyata aku salah menilai Riyan,,, dia tersenyum di balik sejuta luka,,, dan betapa bodohnya aku,, tak pernah mencari tau tentangnya,, dan malah sebaliknya,, Riyan yang selalu mencari tahu tentang aku.. bodoh,, bodoh.. bodooohhh!!!!!..menurutnya,, bohong adalah perbuatan yang mulia,,, dia tak pernah menceritakan tentang dirinya pada siapa pun,,, kecuali Febri,, yann,,, tega kamu,,, kenapa kamu gak bilang dari dulu kalok kamu cuman ngarpein, kenapa malah bilang sebaliknya,,,, yang kamu pernah bilang sama aku, kalok kita masih bisa pergi ke puncak,, iya kann???? Tapi kamu bohong yan,,,
Riyan tak pernah menceritakam tentang penyakitnya pada ku.. kangker darah…
Sekarang Riyan terbaring di ranjang,,, brjuang untuk hidup atau mati,,, aku percaya,, besok kamu akan membuka mata mu kembali…

Baca juga Cerpen Remaja yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar