Jumat, 20 April 2012

Angin Selatan Bertiupkan Cinta

ANGIN SELATAN BERTIUPKAN CINTA
Cerpen Erna Gusnita

Jika cinta tidak memihak padamu maka janganlah engkau kecewa atau menyalahkan orang yang kamu cintai. Mencintai itu harus ikhlas tanpa mengharapkan balasan dari orang yang mencintaimu. Sesungguhnya cinta itu tidak bisa dipaksain. Meski kamu belajar seribu kali untuk mencintai orang yang mencintaimu tetap saja suatu yang ada hanya kekecewan dihatiku apalagi hatimu masih diisi orang yang kamu cintai. Jika cinta itu dipaksakan maka hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan. Pertahankan cinta yang ada dihatimu dengan ikhlas dan sabar. Jika cintamu tidak terbalas janganlah engkau marah padanya. Meskipun engkau terpuruk karna dia menyakitimu janganlah kamu marah atau dendam sama dia. Belajarlah dari daun yang tidak pernah marah pada angin yang membuatnya jatuh. Angin selalu membuatnya terjatuh tapi dia tidak pernah marah pada angin. Dia berguguran karena angin. Namun dia tetap bisa menerima semua itu dengan lapang dada.

Kinanthi itulah nama pemenang olimpiade matematika sekota batam tingkat SMA tahun 2012. Nama itu sangat dikenal apalagi disekolahnya. Selain Kinanthi Rendy juga merupakan siswa terpopuler disekolahnya. Dia juga pemenang Olimpiade fisika sekota batam. Ditambah jabatannya sebagai ketua osis dan wajahnya yang cool habis membuat banyak cewek disekolah tertarik padanya. Rendy banyak teman, dia tidak pernah memilih teman. Baginya semua manusia itu sama. Pagi ini anak XI IA.1 tidak belajar karna guru fisika tidak datang. Menurut kabar guru fisika lagi mengikuti sertifikasi ke Jakarta selama 2 minggu. Guru piket sudah masuk memberikan tugas fisika. Anak-anak duduk berkelompok ngerjain tugas-tugas yang ada di LKS. Mereka mengerjakannya sambil ngobrol karna kapan lagi bisa belajar seperti ini. Sedangkan Rendy pergi keperpustakaan mengerjakan tugas-tugas tersebut. Hari in ntah mengapa Kinanthi dengan teman-temannya Nadia,Wiwi, dan Keke tampak tidak serius mengerjakannya.
“ Kita kerjain Rendy yuk, keynya seru tuh” ide muncul dari Kinanthi
“ Setuju tuh, dia kan banyak pengemar” kata Nadia
“ Setuju banget, kita kirim surat kaleng aja, gimana.”
“ Pasti nanti dia cerita sama kamu Nthi, diakan suka cerita sama kamu”
Semuanya pada tertawa terbahak-bahak. Lalu merekapun memulai surat kaleng tersebut. Setelah selesai ditulis disuruh anak kelas lain untuk memberikan pada Rendy.

Jam istirahat Kinanthi sedang ngumpul ma teman-temannya di taman pojok. Tiba-tiba Rendy datang dan lansung menarik tangan Kinanthi.
“ Pinjam Kinanthinya sebentar ya?”
“ Yeeeee” ejek teman-temannya

Merekapun lansung keruangan osis yang kebetulan diruangan osis tidak ada siapa-siapa.
“ Ada apa sih Ren?”
“ Aku dapet surat kaleng nthi”
“ Emang dia kasih pake kaleng ya?” Kinanthi pura-pura tak tau.
“ Bukan Nthi, maksudnya nggak tau pengirimnya, dia memakai angin selatan bertiupkan cinta”
“ Ohw nama yang bagus”
“ Ni silakan kamu baca” Rendy memberikan surat itu kepada Kinanthi.

Dear Rendy
Sepucuk surat ku layangkan kepadamu untuk menyampaikan rasa kagumku padamu. Aku benar-benar kagum denganmu. Aku benar-benar suka gayamu. Maka dari itu ku layangkan sepucuk surat ini untuk berkenalan denganmu. Kamu mirip dengan Dimas. Aku paggil kamu Dimas Back aja ya?. Jika kamu mau berkenalan denganku temui aku jam istirahat di lapangan bask
By: Angin Selatan Bertiupka Cinta


Kinanthipun memberikan surat itu kepada Rendy.
“ Kamu suka ya?”
“ Orangnya aja nggak tau, Bantu ya menemukannya?”
“ Gimana caranya?”
“ Kita tanyain aja yang memberi surat itu”
“ Mampus aku” pikir Kinanthi
“ Ah paling anak itu berbohong nantinya Ndy, udalah nggak usah diungkit lagi”
“ Nggak aku penasaran sama dia Nthi, aku cari tau”

Pembicaraan mereka terputus sampai disitu karna bel sudah masuk. Hari demi hari pun berlalu begitu aja. Sekarang disekolah beredar rumor bahwa yang mengirim surat itu adalah Intan. Intan gadis yang paling angkuh disekolah itu karna ia keponakan kepala sekolah. Semua anak-anak gank SEMAU GUE paling benci sama Intan. Intan dan Rendy malah makin dekat akhir-akhir ini. Mereka selalu pulang dan pergi bareng bahkan Kinanthi mulai diabaikan sama Rendy.
“ Kok jadi seperti ini sih?” tanya Kinanthi heran
“ Pasti ni yang ngasih surat dibayar sama Intan, kan semua anak-anak benci sama dia kecuali ganknya yang jelas tuh” kata Nadia
“ Aku tau deh, kita salah orang sih, kamu tau Jeni yang mengirim surat itu kan teman sebangku sepupu Intan, nah bisa jadi Intan secara nggak langsung mendengarkan pembicaraan mereka coz menurutku Rasti nggak mungkin ember.” Kata Keke

Rasti adalah anak kepala sekolah.Meskipun anak kepala sekolah Rasti dikenal ramah, anggun dan berteman dengan siapapun. Sifat mereka berdua jauh berbeda.
“ jadi kita key mana dong Kinan?” tanya Wiwi
“ Jujur aku juga bingung, low kita ngaku Rendy akan marah terutama aku, mending kita biarin aja deh”

Merekpun sepakat membiarkan semua itu tapi tetap aja mereka uring-uringan low melihat Rendy bersama Intan. Hari minggu adalah kegiatan ekstrakurikuler. Seperti biasa gank Semau gue ngumpul bersama Rendy dan Didi. Mereka duduk selesai latihan karate. Tiba-tiba Intan yang ikut silat datang mendekati kami
“ Yank kita kekantin yuk”

Rendy pun meninggalkan kami disana, semua mereka teriak karena nggak suka. Lalu Intan membalikkan badan,
“ Masalah buat loe?”
“ Masalah banget” jawab mereka serentak
“ Kami nggak mau sahabatku dekat-dekat sama loe” kata Kinanthi
“ Dia aja lebih milih gue daripada loe” kata Intan mencibir
“ Eh dia milih loe karna surat kaleng itu ya, hanya sebatas itu” kata Wiwi
“ N itu surat Kinan, bukan loe, dasar pembohong” Keke keceplosan
“ Apa? Apa maksud mu Ke? Tanya Rendy

Mereka semua terdiam. Kinanthi lansung ditari Rendy ruang osis.
“ Apa benar apa yang dikatakan Keke?”
“ Iya aku minta maaf, aku hanya iseng waktu itu bersama teman-teman.”
“ Tega ya kamu mainin perasaanku, aku pikir memang ada cewek kagum padaku seperti itu, pa sih maumu? Tapi makasih aja karna kalian aku bisa jadian sama Intan.
“ tapi Intan tu nggak baik buatmu?”
“ Setidaknya dia lebih baik daripada kamu, dan jangan pernah kamu menjelek-jelekkan dia, dia udah jadi pacar aku. Aku kecewa sama kamu Nthi kamu tuh dah lebih dari pacarku, pi kamu key gitu sama aku.”
“ maafkan aku Ndy,,,,”
“ Udalah buat apa ku harus marah padamu”

Rendy meninggalkan Kinanthi sendiri diruangan osis. Semenjak hari itu Kinanthi tak pernah bertegur sapa lagi dengan Rendy. Rendy begitu cuek dengannya. Tapi tidak dengan teman-teman Kinathi yang lain. Dia masih baik sama mereka meskipun mereka juga merupakan dalang dari semua itu. Bahkan mereka sekarang memanggil Rendy dengan Dimas back.
“Kamu marah sama ya Kinan?”
“ Tidak, buat apa aku marah?”
“ Kan kami juga dalangnya pi kamu yang dimusuhi Dimas Back”
“ Gak apa-apa, daun aja terjatuh karna angin tapi dia tak pernah marah pada angin”

Sebulan lamanya Rendy dan Kinanthi nggak pernah berteguran, hari sabtu pas istirahat Kinanthi berjalan menuju kelas. Dan tak sengaja kakinya kesandung dan terjatuh. Kakinya lukanya dalam karna terbentur semen. Tak ada orang disana kecuali Intan dan Rendy berduaan. Tak lama kemudian Intan mendekatinya menolongnya karna diberi kode sama Rendy. Pas mau menolong Kinanthi dtanglah Nadia dan kawan-kwan
“ Ops jangan pernah pegang Kinan, tanganmu kotor” teriak Nadia
“ Ihhh, aku juga jijik bantuin dia, karna disuruh aja”
“ Udah Ntan nggak usah kamu ladeni mereka, dasar nggak tau terima kasih” bentak Rendy, matanya tertuju pada Kinanthi. Mereka berdua meninggalkan Kinanthi dan kawan-kawan. Ternyata pertengakaran Kinanthi dan Rendy kedengaran ketelinga guru. Mereka berdua dipanggil BK.
“ Apa sebenarnya masalah kalian?”

Mulailah satu persatu mereka cerita apa yang terjadi dan akhirnya Kinanthi dihukum karna telah ngerjain Rendy. Dia dihukum bersihin semua toiled yang ada disekolah itu. Pas membersihkan toiled murid cewek Kinanthi diketawain anak kelas XI IS.4 yang merupakan kelas Intan.Kinanthi hanya diam saja karna dia tidak bisa berbuat apa-apa. Ia kerjakan semuanya dengan tanpa mengeluh. Ketika mau pulang sekolah bersama teman-temannya Kinanthi disorakin anak-anak cowok. Dengan kompak mereka menjawab
“ Semau Gue”

Anak-anak itu jadi terdiam. Setelah kejadian itu Kinanthi jadi jarang ngomong, Ia lebih banyak diam. Sekarang ia menjadi tambah fokus dengan pelajarannya. Dia hanya berteman dengan buku-bukunya. Suatu hari ia, Didi, dan Rendy terpilih mengikuti cerdas cermat sekota batam. Lagi-lagi mereka menjadi juara satu dilomba cerdas-cermat. Tapi kali ini Rendy berbeda dengannya, ia senyum-senyum aja melihat ke Kinanthi. Seusai cerdas cermat Rendy menemui Kinanthi.
“ Nthi ada yang hilang nggak?”
“ Nggak ada tuh”
“ Yakin?, ohw ya aku dah putus loh sama Intan”
“ Trus kenapa bilang aku?”
“ Kan kamu yang paling menentang hubunganku dengan Intan, dia memang tak baik”
“ Sukurlah low sadar”
“ Pi jangan senang dulu, coz aku sudah ada penggantinya.”
“ Aku nggak perlu tau.”
“ Benar?? Ntar nangis pula low aku jadian ma cewek lain”
“ Ihh sory ya”
“ Aku tau kok kamu punya rasa sama aku, dan akupun sebenar juga suka padamu dari dulu, makanya kamu selalu ku perlakukan seperti tuan putri”
“ Ngarep” kata Kinanthi

Lalu Rendy mengeluar buku ditasnya. Kinanthi kaget melihatnya.
“ Itukan diary gue, kenapa bisa samamu?”
“ Ada deh, aku dah baca semuanya, masih nggak mau jujur?, kamu maukan jadi pacarku Nthi?”

Jantung Kinanthi rasanya mau copot mendengar itu, cowok yang ia kagumi sejak kelas satu menembaknya.
“ Aku akan jawab tapi kasih tau siapa yang kasih diary itu”
“ Teman-temanmu yang berikan.”
“ Maaf ya Kinan, kami mau kamu bahagia” teriak teman-temannya dari jauh sambil ketawa
“ Ohw jadi kalian lebih memihak ke Dimas back ya dari pada aku, awas aja nanti”
“ Nggak takut, weeeeeeeeeeeekkkk” serentak
“ Kita pacarankan Nthi?”

Kinanthi hanya mengangguk malu.
“ Angin Selatan bertiup kan cinta and ternyata angin utarapun membawa cinta juga jadi ketemu deh” Teriak Keke
Teman-temanya, Rendy dan Kinanthi tertawa mendengarnya. Dan semenjak itu mereka baik seperti dulu lagi.
****

Siang itu Rendy belom pulang dari sekolah. Masih ada kegiatan OSIS yang ia kerjain diruang OSIS. Dia mengerjakannya denga fokus dan tiba-tiba dikagetkan dengan suara Nadia, Keke dan Wiwi.
“ Sibuk Dimas back?”
“ Iya nih, mau bantuin nggak?”
“ Kamu udah putus sama Intan ya?” tanya Keke
“ Iya seminggu yang lalu”
“ Gimana kami bantu cariin kamu pacar aja, keynya kalian berdua sama-sama suka deh” Nadia tak mau diam
“ Siapa?”
“ Nggak usah tanya siapa, kamu pasti suka”kata Wiwi yakin

Lalu Nadia memberikan sebuah buku kecil kepada Rendy. Rendy pun kebingungan sendiri
“ Punya siapa nih?”
“ Angin selatan bertiupkan cinta” jawab mereka serempak.
“ Siapa itu?” tanya Rendy juga tidak mengerti
“ Buka aja,ntar kamu juga tau”
Rendypun membuka diary tersebut. Ia kaget karna dihalaman pertama ada dia dan Kinanthi. Dan dibawa foto tertulis ANGIN SELATAN BERTIUPKAN CINTA.Lalu dia buka lembar pertama

4 Januari 2012
Hari ini aku mengirim surat kaleng pada Dimas back, aku benar menyukainya seperti yang ada disurat itu. Surat itu apa adanya.
Lalu ia buka halaman berikutnya

7 januari 2012
Kok jadi begini ceritanya. Kok dimas back jadi sama Intan pula, aku cemburu banget melihat berdua selalu desekolah. Aku cemburu sekali. Dimas back kembalilah padaku,sadar aku yang mencintaimu.
Lalu dibuka lagi halaman berikutnya

10 Januari 2012
Dimas back duduk sama kami, tiba-tiba mak lampir datang. Aku cemburu sekali waktu mendengar nenek lampir memanggilnya sayang. Apalagi waktu kita berantem Dimas back mmebela nenek lampir ketimbang aku yang sudah lama bersamanya.
Lalu dibuka lagi

19 Januari 2012
Dimas jangan marah sama aku,sesungguhnya aku sangat menyayangimu. Aku sepi tanpamu. Jangan cuekin aku Dimas. Hatiku hancur jika kamu cuekin ku key gini. Akumenunggu cintamu. Jangan berubah Dimas back, aku mau kamu seperti dulu lagi. Aku sedih kalau kamu marah sama aku.

Setelah membacanya Rendy hanya senyum-senyum sendiri. Tak menyangka kalau seorang Kinanthi juara kelas juga menarok hati padanya.
“ betapa sakitnya ya Kinanthi aku perlakukan waktu itu”
“ Jadi kapan nembak dia?” tanya teman-temanya serempak
“ Besok aja pas selesai Cerdas cermat”
“ OK”
Setelah itu merekapun pulang sambil membayangakan apa yang terjadi besok pagi.
TAMAT

PROFIL PENULIS
Nama : Erna gusnita
TTL : Balik koto, 17 agustus 1990
Alamat FB : erna.gusnita@yahoo.com

Baca juga Cerpen Cinta yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar