Minggu, 22 April 2012

Cerpen Persahabatan " Sebatas Sahabat"

SEBATAS SAHABAT
Cerpen Ony

Sore itu, 15 januari 2010 .
Seorang gadis remaja berusia sekitar 13 tahun sedang duduk sendiri di bangku yang terletak di sudut koridor sekolahnya. Ekspresi wajahnya terlihat kesal, berkali-kali ia melihat ke arah jam tangannya .
“Lama banget sih Ardy, kebiasaan banget. Dikata enak apa nunggu sendirian gini, kaya kambing conge’ aja ih.” gerutu gadis itu, kesal. Terlihat jelas ia sedang menunggu seseorang yang belum juga datang . Ia melirik kembali ke arah jam tangannya .
“Pitha…” terdengar suara seorang anak lelaki memanggilnya. Ia langsung memalingkan wajahnya . Anak laki-laki itu langsung berlari menuju gadis bernama Pitha itu .
“Hoshh,,, hoshh,, hoshh…ma..maaf pit…lu udah lama nunggu ya?” tanya anak laki-laki itu . Nafasnya tersenggal-senggal karena berlari menuju ujung koridor .
“Situ kenal sama saya?” Pitha tetap tak mengalihkan pandangannya dari arah taman sekolah .
“Aihhh, gitu banget lu sama gua.”
“Bodo, siapa suruh lama?”
“Maaf deh, maaf. Kan lu tau kalo masalah bahasa Inggris gua lola. Ayolah pit, masa gitu aja ngambek sih?” Ardy langsung mengacak-acak rambut pitha yang masih dalam posisi membelakanginya.
“Iya iya gua maafin. Kebiasaan banget rambut gua di jadiin sasaran.” gerutu Pitha sambil merapikan rambutnya .
“Heheh, maaf lagi deh. Yaudah yuk langsung pulang aja. Nanti kalo lama lu ngomel lagi sama gua” Ardy langsung menggandeng tangan Pitha dan mengajaknya pulang .
Pitha dan Ardy memang baru kenal selama bersekolah di SMP Pertiwi ini, tapi karena sering mendapat tugas bersama mereka menjadi sahabat yang amat dekat. Setiap pulang sekolah mereka saling menunggu satu sama lain. Ardy pun selalu menggandeng tangan Pitha setiap pulang sekolah, karena itu banyak temannya yang mengira mereka pacaran. Padahal mereka hanya bersahabat , sahabat yang amat dekat. Pitha hanya menganggap ardy sebagai sahabat baiknya, begitu pula Ardy pada Pitha. Rasa sayang di hati mereka pun tak sedikit pun lebih dari sayang pada sahabat . Tak ada yang tahu apa perasaan itu akan tumbuh lebih dari itu atau tidak
****
“TEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTT TTTTTTTTTTTEEEEEEEETTTT” bel istirahat SMP Pertiwi berbunyi dengan nyaringnya . Semua siswa langsung menghambur keluar kelas . Begitu juga Pitha, ia langsung keluar dari kelasnya , kelas IX-1 . Tak terasa kini Pitha sudah hampir selesai menempuh pendidikannya di jenjang SMP .
“Hadeeehh gila pelajaran matematika bener-bener nguras otak ini ma!” gerutu Pitha setelah keluar dari kelasnya . Ia menggaruk kepalanya yang sama sekali tidak terasa gatal .
“DORRRR !!!!”
“Astagfirullah al adzim… Ardy.” Pitha langsung mengusap dadanya yang pasti sedang berdegup kencang saking kagetnya.
“hehehe, kaget ya . Lagian majang aja depan kelas, ngalingin jalan tau” Ardy tertawa lepas karena berhasil membuat sahabatnya itu terkejut . Tak terasa sudah 2 tahun Pitha bersahabat dengan Ardy.Dan sepertinya, hubungan mereka masih sebatas sahabat.
“Tau ah, kalo gua jantungan mau lu tanggung jawab”
“Ogah ah, kalo lu jantungan gua Cuma mau jawab gak mau nanggung”
Pitha tak menjawab perkataan Ardy, ia hanya membalasnya dengan membentuk huruf “O” dengan tangannya di depan wajah Ardy .
“Yeee, gitu aja ngambek . Udah ah ayo kantin, laper nih gua” Ardy langsung merangkul pundak Pitha dan memaksanya untuk ikut ke kantin . Pitha pun tak berontak karena perutnya juga sudah amat lapar menunggu untuk di isi .
****

Kantin SMP Pertiwi
Suasana kantin terlihat penuh sesak dengan para siswa yang mengantri untuk membeli makanan. Kantin SMP Pertiwi memang tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman untuk para siswa. Dan tentunya harga makanannya sesuai dengan kantong pelajar .
“Eh pit, lu mau makan apa?” tanya Ardy sambil mengedarkan pandangannya.
“Tumben nanyain, mau beliin gua nih?” jawab pitha setengah meledek .
“Mau lu? kalo iya ayo dah gua beliin . Tapi gak lebih ya dari Rp. 2000 ya.” Ardy langsung mengeluarkan uang Rp. 2000 dari kantong nya.
“Serius nih. Tumben baik”
“Mau nggak, klo nggak ya udah gua kantongin lagi duitnya” Ardy baru saja hendak memasukkan uangnya kembali ke kantong, tapi lebih dulu di sambar Pitha .
“Kalo emang rezeki, kaga boleh di tolak . Apalagi kalo Ardy yang traktir langka banget.” Pitha langsung menuju salah satu penjual makanan dan meninggalkan ardy yang masih bengong melihat tingkahnya barusan.
“Emang kebiasaaan ya tu anak, untung sobat gua lu pit” gumam Ardy sambil berjalan menuju penjual makanan di kantin.
Setelah membeli makanan di kantin, mereka kembali ke kelas .
“Dy, duduk sini aja yuk” Pitha langsung mengajak Ardy duduk di teras depan kelasnya .
“Iya udah terserah lu aja pit, nurut gua”
“hehehe…emang lu itu office boy terbaik yang pernah gua punya dy” ledek pitha sambil menjulurkan lidahnya . Sementara ardy tak membalas ledekan pitha dan langsung menyantap makanan yang ia beli dari kantin .
****

Karena bel masuk sudah berbunyi, Pitha dan Ardy langsung menuju ke kelasnya masing-masing . 2 Jam pelajaran terakhir Pitha sudah mulai malas mengikuti pelajaran, ia lebih memilih mengerjakan hal lain dibandingkan mendengar penjelasan dari gurunya . Memang sudah menjadi kebiasaan Pitha, setiap kali menjelang jam pelajaran terakhir ia jarang mengikutinya dengan serius . Ia termasuk moody dalam hal belajar, bergantung suasana hatinya.

TEEEEEEETTEEEEEEEEEETTTTTTTTTTT, bel pulang pun berbunyi . Setelah berdo’a Pitha langsung keluar dari kelasnya bersama siswa lain yang sudah tak sabar untuk pulang . Baru saja melangkah keluar kelas, ternyata Ardy sudah menunggunya .

“Muka lu kusut amat pit kaya baju belum di gosok”
“Abisan males banget gua pelajaran terakhir matematika, udah tau gua lo to the la lola kalo pelajaran itu .”
“yaudah langsung pulang aja yuk, muka lu udah bete banget”
Seperti biasa, Ardy langsung menggandeng tangan Pitha dan pulang ke rumah masing-masing.

Sesampainya di rumah, Pitha langsung menuju kamarnya . Tanpa berganti pakaian ia langsung merebahkan dirinya di tempat tidur . Baru saja ia hendak memjamkan matanya tiba-tiba handphonenya berbunyi .
“Biiiippp Biipp”
“Yailah baru juga mau tidur, siapa lagi yang sms” dengan malas ia bergerak menuju meja belajarnya dan megambil hp, ternyata sms masuk itu dari Ardy.
Ardy 98 J
“you’re beautiful, beautiful, beautiful . kamu cantik cantik dari hatiku …. J :*
#frontal.
“EH, ni anak gk salah kirim kan, hahaha pake emot kiss segala” Pitha langsung memilih opsi reply dan membalas pesan dari Ardy
Me : “ecieee ardy, buat siapa tuh lagunya ada emot :* segala . hahahaha :D”
Ardy : buat lu lah, masa buat orang lain sih :D
“Hah?! Buat gua, gak salah ni anak? Tapi, apa maksudnya?” rentetan pertanyaan langsung muncul di otak Pitha sesaat setelah membaca balasan dari Ardy , Pitha langsung membalas lagi sms dari ardy .
Me : haha, makasih ya . klo lu “beautiful” nih dari gua . “Cause you’re amazing, just the way you are. :* #gantian
Ardy : heheh, nih gua bales lagi “ I think I want marry you” :D #jederr
Me : jadi balesan lagu nih, yaudah deh klo buat lu “a day without you is like a year without rain”
Ardy : apaan tuh artinya ? :P
Me : satu hari tanpa lu, kaya setahun tanpa hujan . Artinya lu tuh penting banget buat gua … muahahaha :p
Ardy : yaudah sama-sama berarti deh say #frontal :p
Me : yaudah ah, gua ngantuk . mau tidur dulu . Bye ardy :D

Entah kenapa Pitha merasa aneh membaca smsan nya barusan dengan Ardy . Kenapa Ardy mengirim pesan seperti itu . Tanpa sadar Pitha pun tersenyum sendiri membaca sms dari ARdy, terutama saat ia memanggilnya “say”
“EH…kenapa gua senyam senyum ndiri nih . Ah paling si Ardy Cuma bercanda, tu anak kan emang pinter gombal. Udah ah gua tidur aja” Pitha langsung meletakkan hp nya di meja dan segera tidur .
****

Keesokan hari seperti biasa Ardy menjemput Pitha untuk berangkat ke sekolah bersama . Sepanjang jalan mereka asyik bercanda dan tak terasa sudah sampai di depan gerbang SMP Pertiwi .

“Yaudah ya, gua ke kelas dulu . Ntar ke kantin bareng ya” Pitha langsung masuk ke kelasnya begitu pula Ardy .
Saat bel istirahat berbunyi seperti biasa mereka ke kantin bersama-sama . Pitha sebenarnya ingin menanyakan maksud sms Ardy kemarin tapi ia lupa, hingga pulang sekolah pun tak ada yang membahas persoalan kemarin 
Percepat

Rumah Pitha .
Setibanya di rumah, Pitha langsung menuju kamarnya . Entah kenapa ia ingin melihat facebooknya yang sudah lama tak di buka .

Setelah login, ia langsung melihat beranda facebook .
Tasya Fahrani
Sayang banget sama dia , Ardy Maulana :*”
“DEGG,” mata Pitha membulat seketika saat membaca status itu .
“Tasya ? Ardy? ada hibungan apa di antara mereka ? kenapa dia pake emot :* segala” detak jantung Pitha mendadak berdetak lebih cepat saat membaca status itu . Entah kenapa muncul perasaan aneh saat ia membaca status Tasya, adik kelasnya yang ada di lain sekolah. Ada semacam rasa tak suka, jealous , kesal….dan entahlah ia sendiri merasa bingung.

Sudah cukup lama Pitha mengenal Tasya, meskipun awal perkenalan mereka dari dunia maya dan berlanjut lewat sms dan lainnya. Tapi, ia tak pernah sedikit pun bercerita soal Ardy, apa mungkin mereka menjalin hubungan khusus, dalam artian “Pacaran”?

Entah ada setan apa yang merasuk dalam diri Pitha, tanpa berpikir lagi ia langsung mengambil hand phonenya dan menanyakan soal itu pada Ardy. Setelah memilih opsi pesan, ia langsung mengetik pesannya.

Me : “dy, lu kenal Tasya gk?” kemudian memilih opsi “Send”.
“Biip. Biip”

Tak lama berselang ada pesan masuk dari Ardy.
Ardy :” emang kenapa?”
Me : “yg gua tanya lu kenal apa gak?”
Ardy : “Tasya siapa ?”
Me : “Tasya fahrani.”
Kali ini Pitha harus menunggu agak lama balasan dari Ardy.
“Dag dig dug, dag dig dug” jantung Pitha berdegup kencang menunggu balasan dari Ardy. Ia merasa ada yang mengganjal di hatinya saat membaca status Tasya tadi . Ada rasa tak suka dalam dirinya yang ia sendiri tak tahu mengapa .
“Kenapa gua jadi kaya gini sih, kenapa gua harus cari tau ada hubungan apa Tasya sama Ardy? Lagian, apa hubungannya sama gua. Dan kenapa perasaan gua gak enak banget baca status Tasya tadi ?Apa mungkin gua suka sama Ardy, tapi kan…? ARGGGHHHH what happen to me” Pitha mengacak-acak
rambutnya dengan kesal . Ia sendiri tak habis pikir kenapa perasaannya jadi sekacau itu . Apakah mungkin ia mulai menyukai Ardy? Karena itu ia merasa agak “kesal” membaca status adi kelasnya tadi? Tapi, segera ia tepis jauh pikiran itu.

“biip biip”
Handphone Pitha berbunyi dan segera saja ia membuka pesan masuk yang ternyata dari Ardy itu .

Ardy : “dia pacar gua”

“Prangg” seketika handphone Pitha terlepas dari genggaman . Pikirannya serasa makin kacau dan tak karuan, dan hatinya…. SAKIT. Entah kenapa hatinya terasa sakit saat membaca pesan itu . Seperti ada sesuatu yang menghimpit dadanya, membuatnya merasa sesak kalimat yang tertera d isms itu “Dia Pacar gua!”
“hah, Pacar? Tasya pacar Ardy. Ta..tapi…tapi kenapa dia gak pernah cerita soal ini?” kata Pitha lirih. Seketika matanya terasa hangat, dan air mata itu perlahan turun dengan sendirinya .
“Kenapa dy, kenapa lu gak pernah cerita soal ini? Dan kenapa gua malah ngerasa sedih tau lu jadian sama Tasya, padahal lu itu CUMA SAHABAT gua, kenapa dy? Harusnya gua seneng tau lu udah punya pacar, tapi nyatanya? hati gua serasa gak rela dy, rasanya berat banget tau lu jadian sama Tasya?” air mata Pitha mengalir makin deras, hatinya makin kalut setelah ia tahu yang sebenarnya .

Apakah mungkin rasa sayangnya pada Ardy kini sudah berubah? Bukan lagi sayang sebagai Sahabat, melainkan sebagai “Orang special” ? Karena itu hatinya terasa sakit saat tahu sahabatnya itu sudah mempunyai pacar, yaitu Tasya , adik kelas yang sudah ia anggap layaknya adik sendiri .
Pitha merebahkan tubuhnya di ranjang, membiarkan air matanya terus mengalir hingga ia terlelap tidur .
****

Hari ini, Pitha tidak berangkat bersama Ardy. Bukan karena ardy tak “menjemputnya”. Tapi karena ia belum siap menemui Ardy setelah kejadian kemarin .
Sesampainya di sekolah, ia memilih tinggal di dalam kelas. Ia memilih menghindar dari Ardy selama ia bisa . Dengan hati galau ia mengikuti pelajaran dengan tidak konsentrasi .

“TEEEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTTTTTEEEEEEEEEETTTT” bel istirahat berbunyi, perutnya yang sudah keroncongan memaksanya untuk keluar kelas, dan itu berarti bertemu dengan Ardy .
Dengan langkah malas ia pergi ke kantin, setelah mendapat makanan ia langsung kembali ke kelas, lebih tepatnya di teras kelas .

“Pitha, lu ke kantin nggak ngajak-ngajak dih.” tegur Ardy yang langsung merangkul pundak Pitha, seperti biasa.
“Yaelah, emang lu gak bisa ke kantin sendiri apa?”jawab Pitha cuek. Sebenarnya ia hanya berpura-pura untuk menutupi perasaannya yang masih tak karuan .
“Dihh gitu amat lu, ngambek ni ceritanya sama gua?”
“Tau ah, gua mau ke kelas!” Pitha langsung berdiri dan meninggalkan Ardy.

Sebenarnya ia merasa tersiksa dengan sikapnya sendiri, ia terpaksa menghindar hanya karena tahu Ardy adalah pacar Tasya, padahal ia bukan siapa-siapa mereka. Mungkin memang benar ia menyukai Ardy, dan saat ia menyadari perasaan itu ternyata Ardy sudah memiliki pacar . Tertutup lah sudah harapan untuk Pitha .

Untunglah dua jam terakhir kelasnya kosong, sehingga ia bisa bebas dari segala tugas yang akan mebuat pikirannya makin tak karuan .
Tak lama kemudian, bel pulang berbunyi. Dengan segera ia merapikan bukunya dan pulang lebih dulu, meninggalkan Ardy sendiri .
****

Seperti biasa sesampainya di rumah ia langsung menuju kamarnya . Ia langsung mengambil handphonenya dan berniat mengirim pesan pada seseorang.
Me : Dek….

5 menit kemudian ada sms masuk ke handphonenya.
Tasya : ia kak kenapa?
Me : Gpp dek, kka boleh nanya gak?
Tasya : Nanya apa kak?
Me : emmmh, kamu pacarnya Ardy ya dek?
Tasya : kka, kata siapa? *shock
Me : gak penting kka tau dari siapa, tapi bener kan kamu pacarnya Ardy?
Tasya : eheheh, iya kak. Eh emang kka tau dari mana sih?
Me : dari ardy sendiri dek.
Tasya : ooh, dasar Ardy. Kirain tau dari mana kak.
Pitha tak membalas sms dari tasya itu. Lagi-lagi hatinya terasa sakit saat ia sadar Ardy adalah milik Tasya, dan ia hanyalah sebatas “SAHABAT” di mata Ardy. Dalam lubuk hatinya, rasa sayang pada Ardy sudah makin menjadi, tapi semua harapan yang secara tidak langsung di berikan Ardy musnah saat kebenaran itu terungkap.

Pitha memilih mendengarkan mp3 dari handphonenya sambil mengerjakan tugasnya. Tapi sepertinya tugas yang setumpuk itu belum cukup kuat untuk memenuhi memory otak pitha yang saat ini terisi bayangan wajah Ardy. Ia memilih rehat sejenak dari kegiatannya itu.

Ia memandangi langit kamarnya yang di desain dengan nuansa langit malam, membuat hatinya terasa tenang. Dan akhirnya ia pun terlelap dalam mimpinya.

Ke esokan harinya Pitha masuk sekolah seperti biasa, dan seperti kemarin ia tetap menjaga jarak dari Ardy. Karena mungkin hanya itu cara agar ia bisa membunuh perasaannya pada Ardy secara perlahan. Walau pun ia juga harus menyakiti hatinya sendiri.

2 Bulan berlalu.
Sepertinya tuntutan belajar menjelang UN berhasil mengalihkan perhatian Pitha dari Ardy. Biasanya Pitha akan berlama-lama di sekolah bersama Ardy dan tidak langsung pulang. Tapi sekarang,saat bel pulang sekolah berbunyi ia langsung menghambur bersama yang lainnya dan segera pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah, seperti biasa ia langsung menuju kamarnya. Karena terlalu lelah ia tak berganti pakaian dan meletakan tas serta sepatunya di sebarang tempat. Matanya tertuju pada kalender di atas meja belajarnya.
“Seeh, baru nyadar gua udah mau tanggal 5 Maret aja. Ujian praktek ya, terus abis itu T.O kedua, abis itu UAs, terus US, masuk April pembelajaran UN, terus UN… Ya allah otak gua ngebul woyyy!” gerutu Pitha sambil mengacak-acak rambutnya frustasi.

Memang padat sekali jadwal kelas 9 terutama menjelang UN. Seperti tak ada kata libur dalam hal belajar jika mendekati masa UJIAN NASIONAL.. Rasanya ada sesuatu yang melilit perut kita dan membuat kita ingin muntah saat mendengarnya . *okebagianinilebay :p

Pitha langsung merebahkan dirinya di ranjang, melepaskan semua penat dan rasa lelah setelah otaknya terus-menerus di paksa menerima semua pelajaran hari ini. Mungkin jika di beri 1 hari saja tanpa PR di saat seperti ini, uuuh bahagia rasanya. Tapi, apa mau dikata UN sudah di depan mata, intensitas belajar pun harus di tingkatkan. Dan hal itulah yang harus Pitha rasakan saat ini, dengan macam-macam latihan soal, di tambah les yang beraneka macam.

Sejak semua siswa/I kelas 9 sibuk mempersiapkan diri untuk UN, Pitha hampir tak pernah ber komunikasi lagi dengan Ardy. Keduanya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Tak hanya dengan Ardy, Pitha pun sudah jarang sekali smsan dengan Tasya.

Hari-hari berlalu, ujian praktek pun sudah di lalui Pitha dengan sebaik mungkin. Walau ia harus mengikuti beberapa remedial di ujian praktek olahraga. Setidaknya tidak dengan materi praktek yang lain.
“Pit, di panggil bu Rana tuh.” Seru Mala pada Pitha yang sedang asyik meminum es tehnya.
“Ngapain?”
“Yaah mana gua tahu, udah di tungguin tuh lu di kantor. Sama Ardy juga di panggil.” Mala langsung meninggalkan Pitha begitu saja.

Kening Pitha mengkerut saat tahu Ardy juga di panggil oleh bu Rana, guru Seni Budaya. Ia langsung bangkit dan menuju kantor guru.
“Permisi bu…” kata Pitha pelan saat memasuki ruang guru.

Di kursi kedua baris pertama terlihat ada Ardy dan juga bu Rana sedang berbincang-bincang. Aku pun segera
menuju ke tempat bu Rana. Aku memikirkan aneka kemungkinan yang mungkin terjadi. Kenapa aku sampai bisa di panggil bu Rana, perasaan semua tugas dari beliau sudah ku kerjakan? Ada Ardy pula. “Posthink Pit, positif thinking aja.” Gumamnya dalam hati.
*****

“Nah, Pitha sini nak.” Kata bu Rana sembari menyuruh Pitha mendekat. Beliau langsung merangkul bahu Pitha dan meminta ia berdiri di samping Ardy.
“Kalian berdua tahu kan, pas acara perpisahan nanti ada pentas seninya?” tanya bu Rana pada mereka. Mereka
berdua mengangguk kompak.
“Ibu minta kalian jadi salah satu pengisi acaranya. Kalian berdua duet ya?” kata bu Rana tanpa ba.bi.bu lagi.
“Hah ?Duet bu?”seru Ardy dan Pitha, kompak.Mereka berdua tentu saja kaget, tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba bu Rana meminta Pitha duet di pentas seni kelulusan, dengan Ardy pula.
“Kalian mau ya. Lagunya terserah kalian aja.”
“Tapi bu. Kenapa harus saya sama Ardy pula.” Sanggah Pitha.
“Jadi lu gak mau nih ceritanya?” tanya Ardy setengah berbisik. Pitha hanya meliriknya sekilas.
“Ibu milih kalian biar pas jadi perwakilan dari 91 sama 98. Lagi pula ibu lihat kalian akrab banget.”

Pitha dan ardy hanya menunduk, sibuk dengan pikiran masing-masing. Pitha sendiri sebenarnya ragu untuk menerima tugas ini. Sementara Ardy, entahlah apa yang ia pikirkan saat ini.
“Jadi gimana, kalian mau gak?” tanya bu Rana, memastikan.
“Yaudah deh bu, saya mau.” Jawab Ardy yakin.
“Tapi saya juga tergantung Pitha bu, mau gak?” Ardy balik bertanya pada Pitha.
“eh eh eh, i…iya deh bu. Ardynya juga mau kok.” Mau tak mau Pitha menerima tawaran itu. Bukan hanya karena bu Rana yang meminta padanya secara langsung, tapi juga karena Ardy sudah setuju. Ia pasti merasa tak enak jika harus menolak.
“Ya sudah, sekarang kalian pikirin dulu mau lagu apa. Nanti kalau sudah dapat, temua ibu di ruang media hari kamis sepulang sekolah. Anggap aja latihan untuk kalian.”
“Iya bu, yaudah bu, kami permisi.” Jawab Ardy yang langsung mengandeng tangan Pitha, lagi.
“DEGG!”

mendadak jantung Pitha berdetak kencang saat Ardy menggandeng tangannya. Apa mungkin… perasaan ini kembali lagi. Perasaan sayang yang sempat hilang untuknya. Lagi – lagi ia tenggelam dalam pikirannya sendiri.
“Ehh, Pit jadinya mau nyanyi lagu apa nih?” tanya Ardy membuyarkan lamunan Pitha.
“Terserah lu aja Dy, kan yang terima ajakan duet lu.” Jawab Pitha cuek.
“Nyeeh, eh gimana kalo last child yang sama Giselle “Seluruh nafas ini” ? kan pas tu ada suara cewek sama cowoknya?” usul Ardy.
“Iya ya. Yaudah deh itu aja. Tapi, yakin mau duet itu?”
“Iya udah, nanti tinggal ngomong bu Rana. Udah masuk tuh, gua ke kelas duluan ya Pit.”
Ardy pun berlalu dan kembali kekelasnya, begitu juga Pitha.
****

Hari Kamis, sepulang sekolah Pitha dan Ardy langsung menemui bu Rana di ruang media. Mereka sudah memastikan untuk menyanyikan lagu dari Last Child ft Giselle yang berjudul “Seluruh Nafas ini”.
Bu Rana setuju dengan pilihan lagu mereka, dan meminta mereka rutin berlatih bersama dahulu. Tapi, bukan untuk saat ini. Bu Rana menjadwalkan latihan serius seusai Ujian Nasional, beliau tidak ingin konsentrasi mereka terganggu menjelang Ujian dan kelulusan nanti.

Masa Ujian Nasiona pun telah selesai, kini Pitha dan Ardy sibuk latihan menyanyi untuk pentas seni saat Perpisahan kelas 9, 2 minggu lagi.

Entah kenapa, perasaan sayang Pitha untuk Ardy mendadak muncul lagi. Setelah lama perasaan itu hilang, kini perasaan itu menyeruak kembali. Mungkin karena seringnya Pitha dan Ardy bersama setiap latihan duet pulang sekolah. Sehingga perasaan itu pun kembali lagi.

Tapi, Pitha sadar. Ia tak mungkin bisa menjadikan Ardy sebagai kekasihnya. Bukan hanya karena Ardy masih menjalin hubungan dengan Tasya. Penghalang utama hubungan mereka adalah jarak. Ya, setelah lulus SMP nanti, Pitha akan melanjutkan pendidikan di kota Solo, tempat kelahirannya. Dan Ardy tak mengetahui soal itu.
******

Hari yang di tunggu pun tiba. Semua murid SMPN Pertiwi berhasil lulus 100 %. Dan sebagai wujud syukur, pihak sekolah mengadakan acara pentas seni sekaligus syukuran yang di isi aneka acara persembahan murid kelas 9. Termasuk pasangan duet Pitha dan Ardy.
“Dan sekarang kita panggilkan pasangan duet kita yang paling di tunggu . Pitha Syafira dan Ardy Maulana!” seru Mia, sang MC penuh semangat.
Dengan mengucap “bismillahhirrohmannirrohim”. Pitha dan Ardy pun memasuki penggung dari sisi kiri. Pandangan semua orang langsung tertuju pada mereka berdua. Setelah siap, Ardy mulai memetik senar-senar gitar pertanda mereka akan memulai penampilan mereka.
lihatlah luka ini yang sakitnya abadi
yang terbalut hangatnya bekas pelukmu
aku tak akan lupa, tak akan pernah bisa
tentang apa yang harus memisahkan kita

saat ku tertatih tanpa kau di sini
kau tetap ku nanti demi keyakinan ini

jika memang dirimulah tulang rusukku
kau akan kembali pada tubuh ini
ku akan tua dan mati dalam pelukmu
untukmu seluruh nafas ini

kita telah lewati rasa yang telah mati
bukan hal baru bila kau tinggalkan aku
tanpa kita mencari jalan untuk kembali
takdir cinta yang menuntunmu kembali padaku

di saatku tertatih (saat ku tertatih)
tanpa kau di sini (tanpa kau di sini)
kau tetap ku nanti demi keyakinan ini

jika memang kau terlahir hanya untukku
bawalah hatiku dan lekas kembali
ku nikmati rindu yang datang membunuhku
untukmu seluruh nafas ini
dan ini yang terakhir aku menyakitimu
ini yang terakhir aku meninggalkanmu
takkan ku sia-siakan hidupmu lagi

ini yang terakhir dan ini yang terakhir
takkan ku sia-siakan hidupmu lagi
jika memang dirimulah tulang rusukku (terlahir untukku)
kau akan kembali pada tubuh ini (bawa hatiku kembali)
ku akan tua dan mati dalam pelukmu
untukmu seluruh nafas ini

jika memang kau terlahir hanya untukku
bawalah hatiku dan lekas kembali
ku nikmati rindu yang datang membunuhku
untukmu seluruh nafas ini, untukmu seluruh nafas ini
untukmu seluruh nafas ini
*ket : cetak tebal : Ardy cetak miring : Pitha miring tebal : Pitha Ardy
“Prok prok prok…. Yeeeee kereeen.” Suara riuh tepuk tangan mengiringi Pitha dan Ardy setelah mereka selesai menyanyi. Mereka berdua pun langsung turun dari panggung setelah mengucapkan terimakasih.
“Ardy…kita sukses… yeyeye.” Seru Pitha dengan riang. Refleks ia langsung memeluk Ardy, begitu pula Ardy. Ia membalas pelukan itu danikut jingkrak-jingkrak karena senang. 5 menit berselang Pitha melepas pelukannya.
“Ehh. Sorry Dy, tadi gua terlalu senang.” Kata Pitha sambil mennduk, malu.
“Hehehe, iya gak apa-apa. Tadi lu keren lo nyanyinya. Ternyata suara lu bagus juga Pit.” Puji Ardy yang membuat pipi Pitha bersemu merah.
Baru saja Pitha hendak membalas pujian Ardy, tiba-tiba saja ada sms masuk.

BIP !
From : mama
Pitha, kamu dimana? Kita udah mau berangkat sayang. Kamu izin pulang duluan aja. Tadi mama udah bilang kok. Mama sama papa tunggu kamu dirumah. 30 menit lagi kita ke airport.

DEG !!
Jantung Pitha serasa berhentiu berdetak. Ini waktunya. Sudah saatnya Pitha pergi, menuju kota Solo. Tempatnya akan melanjutkan sekolahnya nanti. Tanpa sadar bulir air mata mulai mengalir di pipi Pitha. Dengan segera ia mengusap air matanya itu.

“Emm Dy. Sorry gua harus pergi. Semoga kita bisa ketemu lain waktu ya.. Gua sayang sama lu.” kata Pitha sambil memeluk Ardy sekilas. Ia langsung berlari meninggalkan Ardy yang masih terpaku karena bingung.

Hari itu juga, Pitha meninggalkan kota Jakarta. Ia menuju kota Solo bersama keluarganya menggunakan pesawat. Pesawatnya sudah take off sejak satu jam yang lalu. Dan sebelum berangkat ia sempat mengirim pesan singkat pada Ardy.
To : Ardy 98
Sorry ya Dy, soal kejadian tadi. Dan sekarang gua udah berangkat ke Solo. Gua bakal ngelanjutin sekolah di sini. Mungkin kesan terakhir dari gua gak terlalu bagus. But u must know, YOU ARE MY BEST FRIEND…AND I THINK I LOVE YOU. :’) you’r friend, Pitha.
Ardy yang baru saja membuka kotak masuk langsung shock membaca pesan itu.
“Apa?! Jadi Pitha pindah ke Solo?” tanya Ardy yang tak percaya bahwa Pitha kini sudah tak ada lagi di Jakarta. Ada rasa menyesal karena ia tak mengetahui sejak kemarin bahwa Pitha aka pindah. Dan ternyata … Pitha MENYAYANGINYA…. Akhirnya dengan berat hati Ardy membalas pesan itu.
To : Pitha 91
Kenapa lu baru bilang sekarang Pit? Kenapa gua harus tau saatlu udah pergi. Lu tega tau gak? Dan kenapa lu gak jujur sama gua soal perasaan lu? Why Pit? :(
To : Ardy 98
Maaf, Cuma itu yang gua bilang. Gua gak mau nangis di hadapan lu saat gua harus pergi. Dan gua rasa soal perasaan gua itu biarin berlalu. Mungkin kita CUKUP SEBATAS SAHABAT… :’) anggep aja ini kenangan terakhir gua, gua akan ganti nomer. See ya Dy, I still love you like before :’)

END....
YANG UDAH BACA DI TUNGGU LIKE, KOMENTAR, SARAN KRITIK DAN SEMUA YANG NASIHAT UTK PERBAIKAN KARYA SAYA. DON'T COPAST... hargai karya sesama :)

PROFIL PENULIS
Nama : Ony
Email : nikaaddict@gmail.com
Moga Bnyk yg Suka ya !! Di Tunggu kritiknya :)

Baca juga Cerpen Persahabatan Yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar