Rabu, 25 April 2012

Cerpen Cinta "Cinta Terhalang Darah"

CINTA TERHALANG DARAH
Cerpen Erma Yusfita

"Kenapa tiba-tiba kamu memutuskan hubungan kita,Rin?apa salahku?"
Aku menatap dalam2 wajah rio,orang yang paling mengisi hatiku,tapi aku tak mungkin bersamanya selamanya.
"maaf Rio,kamu gak ada salah apapun,tapi aku gak bisa bersama denganmu",jawabku lemas..

Sakit sekali perasaan tertahan seperti ini,ingin sekali,aku menjalani hari bersamanya,tapi itu semua mustahil buatku..
"apa alasannya kita tidak bisa bersama,Rin?aku akan melamarmu?aku berniat serius denganmu,Rin"

Rio masih terus meyakinkan aku,akan ketulusannya mencintaiku..
"bukan Rio,masalahnya bukan itu semua.."
"lalu apa?"
"aku gak bisa kasih kamu penjelasan itu sekarang,Rio.."
"apa kamu sudah mempunyai pilihan hati?"
"tidak,aku sama sekali tidak memiliki perasaan pada siapapun,selain perasaanku padamu,Rio".
"maaf Rio,aku harus segera pergi",
"ok,tapi kita akan bahas hal ini lagi"

Tuhan,bagaimana aku memberitahu Rio,bahwa aku dan dia adalah saudara se ayah??
Bagaimana jika dia tau,ayahku adalah ayahnya juga??

Terkadang terbesit penyesalan yang terdalam,kenapa aku harus mengenalnya..
"Rin,papaku masuk rumah sakit,dan aku harus jagain dia,nanti,sepulang kantor,kamu langsung kerumahku aja ya,sekalian,ambilin baju2ku untuk dirumah sakit"
sms dari Rio,kala ayahnya mengalami serangan jantung sebulan yang lalu.

Dari situlah,aku tau bahwa papanya,ternyata ayahku..
"bik,Rio tadi pesen sama saya buat ambilin bajunya untuk ganti dirumah sakit"
"oiya non,silahkan masuk,kamar den Rio disebelah kiri"

Bibi yang bekerja dirumah Rio,aku belum mengenalnya,karena ini adalah kali pertamaku masuk kerumah Rio,selama ini,kebanyakan kita sering jalan keluar daripada nongkrong dirumah.

Mataku tiba-tiba tercekat melihat foto yang terpajang tepat disisi sebelah kanan tembok kamar Rio..
Sebuah foto keluarga yang cukup bagus..dengan seorang ayah,ibu,dan Rio..
Yang membuatku terkejut adalah laki-laki paruh baya yang ada didalam foto itu..dia..dia..dia ayahku..
Ayah yang selama ini sudah menelantarkan aku dan ibuku..

21 tahun yang lalu..
Ayahku meninggalkan ibuku begitu saja,karena mengetahui,hasil hubungan mereka membuahkan hasil..yaitu aku..
Sejak kecil,aku tak pernah merasakan kasih sayang seorang ayah,ibuku bekerja keras menjadi ayah sekaligus ibu dalam kehidupanku,aku pun tak pernah menanyakan siapa ayahku,karena aku sangat tau,ibuku sangat membenci ayahku,sampai suatu ketika,tanpa sengaja,aku melihat di lemari pakaian ibuku,ada foto seorang laki2,dan aku bertanya pada ibu,apakah dia ayahku?ibuku bilang iyaa..
Dan hari ini,aku melihat,ayahku..ternyata Papanya Rio..saat itu,aku benar2 merasa galau,kenapa aku harus berhubungan dengan Rio,dengan saudara sedarahku??

Tuhan,kenapa ini harus terjadi..hubunganku dengan Rio,yang hampir berjalan setahun,dikala aku merasakan dia adalah segalanya untukku..hari ini semuanya seperti harus terdelete dalam kehidupanku..semuanya harus ku akhiri..dan teramat sakit..
"Rin,papaku kritis,aku ingin mengajakmu untuk bertemu papaku",ajak Rio seusai aku pulang dari kantor.
"Rio,sebelumnya,maukah kamu antar aku kerumah?ada sesuatu yang mau aku tunjukkan padamu"

Rio mengantarku kerumah,aku sudah bertekad untuk mengatakan pada Rio,apa yang sebenarnya,aku gak mau Rio menganggap,aku menyukai pria lain,aku ingin Rio tau,alasanku sesungguhnya untuk mengakhiri hubungan kita.
"bu,ini Rio,"kenal Rio pada Ibuku.

Rio bersalaman dan mencium tangan ibuku..
"nak Rio,yang sering Rina ceritain itukan?"
"iya bu,maaf,Rio baru hari ini main kerumah ibu,soalnya selama ini Rina ngga pernah ngajakin kesini bu,maaf ya bu"
"ndak apa nak Rio,ibu juga sibuk,jarang dirumah,kebanyakan diwarung,jadi ya beginilah nak,ibu kan juga jadi ayah buat Rina,"

cerita ibu panjang lebar tentang kehidupan kami.
"bu,boleh Rina ambil foto ayah?"
"untuk apa Rin!",jawab ibu kaget.
"Rina mau tunjukin sama Rio bu,"
tanpa meminta persetujuan Ibu,aku mengambil foto ayah dari lemari ibu.

Dan aku menyerahkannya pada Rio.
"hah?",raut muka Rio benar2 berubah,meskipun foto itu diambil 21 tahun yang lalu,Rio tak mungkin tak mengenali wajah papanya.
"ini ayahmu,Rin?"
"iya",jawabku singkat.
"ini papaku?".
ibuku luar biasa terkejut mendengar jawaban Rio..
"Rio,kamu tau,sebabnya aku minta hubungan kita berakhir?kita saudara Rio..papamu adalah ayahku..kita adalah saudara seayah.."

Rio diam seribu bahasa,dia tak tau harus berucap apa,begitupun dengan Ibu,Ibu hanya diam,sepertinya Ibu sudah benar2 melupakan ayah..
"Bu,maafkan papa saya..saya baru tau hari ini Bu,kalo ternyata papa saya punya anak juga dari Ibu.."
"ndak apa nak Rio,itu masa lalu Ibu,dan sekarang,ibu sudah menutup masa lalu itu,sekarang hidup ibu hanya untuk Rina"
"Rio,kamu mengerti kan,kita sama2 mencintai,tapi cinta kita terhalang oleh darah kita.."

PROFIL PENULIS
Nama : Erma Yusfita
Pekerjaan : Owner PT. Karunia Allah
Alamat : mojoagung
Add fb : ma love de (made.fita@gmail.com)

Baca juga Cerpen Cinta yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar