Minggu, 01 April 2012

Cerpen Ibu Terbaru - Sang Filsuf

SANG FILSUF
Cerpen Nita Juniarti

Perjalanan hidup sang ibu begitu penuh dengan lika-liku yang sulit ku pahami. Ketika Aku masih kecil biasanya setiap akan tidur Ibu memdogengkan sebuah cerita dari hasil request yang akhirnya membuat Aku menjadi tergila-gila akan sebuah cerita, apapun itu. Setiap cerita yang di dogengkan ibu tidak pernah lepas dari nilai moral yang selalu membimbing kami dalam menjalani hidup plus dengan rumor segar yang membuat kami tetap terjaga meski terkadang malam sudah larut.

Namun, seiring berjalannya waktu Aku paham apa yang selama ini di lakukan Ibu dalam hal ibadahnya tidak sama dengan yang di lakukan oleh kiai yang mengajariku di pengajian atu tidak sama dengan yang di ajarkan oleh guruku di sekolah. Yah, akhirnya Aku tau itu ajaran Syiah ekstrim yang belakangan ini menyebar di seluruh bumi.


Awalnya ini terjadi, saat Ibu pergi dalam sebuah acara wiritan di sebuah desa. Pulangnya Ia mengajariku untuk bertasbih mengagungkan Allah dengan  cara terus merangkak menggunakan pantat hingga sampai pingsan.
“jika sudah pingsan, itu bearti telah dapat melihat Tuhan”
“islam tidak menyusahkan umanya dalam beribadah Bu” kataku member penjelasan
“itu yang di ajarkan Kiai Mahmud, Dia orang yang berpengaruh dan baru saja menuntut ilmu di Iran”
“suatu kebenaran harus di analisis dengan baik, apa dalam al-qur’an ada di serukan agar manusia berzikir hingga menyakiti dirinya sendiri ? padahal dalam islam hak seorang manusia itu sangat di hormati”
“apakah kamu anakku yang susah payah ku lahirkan dank u rawat ingit melawanku ? meneceramahiku?” tanyanya sinis
“aku tidak bermaksud mencerami Ibu”
“hanya menyampaikan keyakinan yang telah ku pelajari”
“apa yang kau tau ? sekolah juga baru di Madrasah Aliyah, sudah berani menentang emak?”

Suaranya meninggi, mata beliau merah saga.
Aku diam saja, lalu mengambil langkah teratur  menuju kamarku. Aku sadar, tidak ada gunanya melawan emak dalam keadaan begini, beliau pasti akan bertambah marah. Sejak saat itu, jarakku dengan ibu mulai terbatas apalagi sejak saat Aku melanjutkan kuliah.

PROFIL PENULIS
Nama : Nita Juniarti
Kuliah di Jurusan Sejarah Islam IAIN Ar-Raniry.
Kelahiran 9 juni 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar