Selasa, 31 Juli 2012

Cerpen Romantis - Makasih Dava

MAKASIH 'DAVA'
Karya Mira Tri Rejeki

From: Dava
To: Emi
Mi ak mw krmh kmu, kmu drmh kan ?
Emi kembali meletakkan hpnya di tempat tidur setelah membaca sms dari Dava, ia sengaja tidak membalasnya.
Tok… tok… tok… !! Bu Tari yang sedari tadi duduk diruang tamu segera membukakan pintu depan yang tak henti-hentinya mengeluarkan bunyi “tok…tok…tok…”

Ckrekk
“Selamat sore tante” sapa Dava dengan rasa hormatnya.
“Sore dek Dava, mau ketemu Emi ya ?”
“Iya tanye, Eminya adakan ?”
“Ada kok, sebentar saya panggilkan, masuk dulu dek”
“Nggak usah tante disini aja”

Bu Tari segera berjalan kebelakang manuju kamar Emi, sementara itu Dava sedang sibuk berlatih mengucap kata “maaf” untuk Emi agar ia tak seperti maling tertangkap basah saat bicara dengan Emi.
“Emi ada pacar kamu tuh diluar”
“Siapa mah ?”
“Ya Dava lah masak Paijo”
“Bilang aja kalau aku masih marah sama dia”
“Kamu keluar dulu temuin dia, kasihan tuh mukanya seperti baru bangun tidur”
“Gak mau !”
“Ya udah kalau kamu gak mau keluar biar mamah suruh Dava masuk ke kamar kamu”
“Ihh mamah kok gitu sih, iya deh Emi keluar”

Emi terpaksa berjalan keluar menemui Dava dengan wajahnya yang terlihat murung. Bu Tari yang sepertinya sudah mengerti masalah 2 remaja itu hanya tersenyum sembari menggelengkan kepala. Dasar anak muda, katanya dalam hati.
“Emi” sapa Dava saat melihat Emi tengah berjalan menghampirinya.

Emi hanya mengambil nafas dan mengeluarkannya lagi saat ia telah duduk disamping Dava.
“Mi kamu masih marah sama aku ?” tanya Dava dengan nada yang sedikit pelan dan mendasara dari hati.
“Iya” jawab Emi ketus tanpa melihat kearah Dava.
“Mi…” Dava membelokkan badannya kearah Emi “akukan udah jelasin semuanya sama kamu kalau aku sama Riti Cuma ngobrol gak lebih” lanjut Dava.
“Bercanda Va bukan ngobrol !” ucap Emi masih dengan nada ketus.
“Cuma bercanda Mi gak lebih”
“Tapi kalian cuma bercanda berdua didalam kelas !” nada Emi sedikit meninggi.
“Emang aku sama Riti cuma berdua didalam kelas, tapi kita cuam bercanda gak lebih. Kenapa kamu cemburunya sampai kayak gini ?”
“Va cewek mana sih yang gak cemburu kalau cowoknya bercanda berduaan didalam kelas sama mantannya”
“Jadi kamu cemburu karna aku bercanda sama Riti dan Riti itu mantan aku ?”
“Ya iyalah, kalau kamu bercandanya sama Pak Kepala Sekolah aku gak bakal cemburu Va !”

Dava tersenyum sambil mengusap kepala Emi.
“Mi aku pernah bilangkan sama kamu kalau aku udah gak ada perasaan lagi sama mantan-mantanku termasuk Riti”
“Tapi Va CLBK itu bisa terjadi dimana aja, kapan aja dan dalam situasi apa aja “ “Mi kamu percayakan sama kau ?”
“Sulit Va buat aku percaya karna aku gak satu sekolah sama kamu, bahkan aku gak tau kamu dikelas ngapain aja”
“Terus sekarang kamu pengen aku ngapain ?” Tanya Dava mencoba memahami perasaan ceweknya itu.
“Terserah kamu Va”

Untuk beberapa menit mereka hanya saling diam.
“Loh kalian disini toh ? Tante pikir pergi jalan” ucap Bu Tari saat melihat Emi dan Dava duduk di teras.
“Enakan disini tante liatin tanaman”
“Didalam aja ngobrolnya bentar lagi hujan nanti basah kalau duduk disitu”
“Gak usah tante, saya mau pulang aja sebelum hujan”
“Kok cepet ? Gak nemenin Emi dulu ?”
“Mamah apaan sih ?” gerutu Emi sambil mencubit pinggang mamahnya.
“Eminya lagi marah sama saya tante” ucap Dava sambil tersenyum, Emi hanya diam menahan senyumnya.
“Ya udah hati-hati dijalan”
“Iya Tante, Emi aku pulang dulu”
“Hati-hati” ucap Emi dengan nada datar.


“Va kamu mau kemana ?” Tanya Riti sembari berjalan menghampiri Dava.
“Mau ke ruang guru”
“Ngapain ?”
“Gak papa, aku duluan ya “
“Iya” wajah Riti diselimuti tanda tanya saat melihat sikap Dava yang seakan menjauh darinya.
Tok…tok…tok..!! Dava telah sampai di ruang guru.
“Masuk” perintah Pak Tosa wali kelas Dava.

Dava segera masuk ke ruang itu dan duduk didepan Pak Tosa.
“Ada apa Dava ?”
“Boleh saya bicara sebentar pak ?” tanya Dava dengan nada hormat.
“Silahkan”
“Begini pak, sebelumnya saya minta maaf, kalau diijinkan saya pengen pindah kelas”
“Loh kenapa ? Apa kamu gak suka dengan kelas kamu yang sekarang ?”
“Bukannya gak suka pak tapi saya hanya pengen cari suasana bary saja “
“Kamu pengennya pindah ke kelas apa ?”
“Itu terserah bapak saja “
“Di kelas B ada 1 bangku kosong kalau kamu mau kamu bisa pindah kesana, mau ?”
“Iya pak gak papa “
“Ya sudah mulai besok pagi kamu bisa masuk kelas B biar saya nanti yang mengurus absensinya”
“Terimakasih pak” Dava segera keluar dari ruangan itu setelah pembicaraannya dengan Pak Tosa selesai.


Esoknya Dava telah menjadi siswa kelas B bukan A lagi. Walaupun ia harus sedikit menyesuaikan diri. Tapi ini semua harus ia lakukan karna ini pilihannya. Sebenarnya Dava pindah kelas bukan karna ingin cari suasan baru tapi ia pengen nunjukin ke Emi kalau dia sayang sama Emi, dia gak akan dekat lagi sama Riti kalau kedekatannya itu membuat Emi cemburu.
“Va kamu kok pindah kelas B ?” tanya Riti disaat jam istirahat.
“Cuman mau cari suasana baru aja kok”
“Oh gitu, ya udah ke kantin yuk”
“Gak ah aku mau ke perpus aja”
“Kok gitu sih kamu sekarang kayak nghindar dari aku ?”
“Bukannya gitu Ti, aku emang mau ke perpus cari bahan pelajaran karna di kelas B aku tertinggal pelajarannya”
“Ya udah aku ke kantin duluan” Riti berjalan menuju kantin dengan sedikit rasa kesal yang menyelinap di hatinya.
Sorry Ti aku emang nghindar dari kamu, aku gak pengen Emi cemburu dengan kedekatan kita walau kita hanya sebatas teman. Kata Dava dalam hati.


Setelah jam pelajaran habis Dava tak langsung pulang ke rumah, ia membelokkan arah perjalanannya menuju rumah Emi.

Emi segera keluar dari kamar saat ia melihat Dava telah masuk ke gerbang rumahnya.
“Loh Emi kamu mau kemana ?” tanya Dava saat melihat Emi yang setengah berlari menghampirinya.
“Yam au nemuin kamu lah “
“Hehehe kirain mau beli beras di warung” canda Dava “Kok belum ganti baju suh Mi ?”
“Suka aja pakek baju SMA” Dava tersenyum manis sambil mengusap kepala ceweknya itu yang sedikit manja dan mudah cemburu.
“Mi kamu udah gak marah lagi sama aku ?”
“Masih kok” kata Emi dengan nada jailnya.
“Kok gitu sih Mi, padahal aku udah sampai pindah kelas loh”
“Pindah kelas ? Maksudnya ?” tanya Emi dengan nada heran.
“Emi lihat aku…” Dava memaksa mata Emi agar mau melihat matanya “kamu percayakan kalau aku sayang sama kamu, aku pindah kelas B biar aku gak sekelas sama Riti, biar aku gak sering ngobrol sama Riti, biar aku gak sering bercanda sama Riti, biar kamu tahu kalau aku sayang sama kamu, aku lakuin ini karna ak gak pengen kamu terus cemburu karna kedekatanku dengan Riti di kelas, aku lakuin ini karna kau gak pengen kehilangan kamu” tutur Dava dengan nada pelan.
“Va kamu gak perlu lakuin ini, kamu tetep bisa di kelas A asal kamu bisa jaga kepercayaanku” kata Emi dengan sedikit haru setelah mendengar penjelasan dari Dava.
“Gak papa Mi ini pilihanku, aku lakuin ini demi kamu biar kamu gak sakit”
“Makasih Va” Dava memeluk Emi saat ia melihat Emi mulai meneteskan air matanya.
“Loh ini kenapa kok ada acara pelukan segala ?” suara Bu Tari yang tiba-tiba berada disamping Emi dan Dava
“E… gak papa tente, hehe… “
“Ya udah diterusin lagi tante mau ke warung dulu cari sayuran”
“Hati-hati tante” Emi hanya tersenyum mendengar obrolan Dava dengan mamahnya yang terlihat begitu akrab.
“Akrab banget sama mamahku” kata Emi dengan sedikit manja.
“Kan sama mertua harus akrab”
“Amin”
“Hehehe…” mereka tertawa bersama melepas semua lelah seharian dari pagi hingga sore ini.

THE END

PROFIL PENULIS
Nama : Mira Tri Rejeki
SMK N 1 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA
Facebook : mirra clemy clemy
e-mail : dalove_mi@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar